Indonesia English
Sabtu, 16 Desember 2017 |
Pemerintahan

46 Staf Pemprov Banten Naik Jabatan

Selasa, 24 Januari 2017 21:37:13 wib - Komentar
Pelantikan 664 pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Banten di Pendopo Gubenur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (24/1).

SERANG, (Banten88.com): Sebanyak 46 orang staf di lingkungan Pemprov Banten mendapatkan promosi menjadi pejabat eselon IV. Hal itu terungkap usai pelantikan 664 pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Banten di Pendopo Gubenur Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (24/1).

Asda III Setda Pemprov Banten Samsir mengatakan, untuk pejabat yang mendapatkan promosi sebanyak 46 orang atau 7 persen dari total 664 eselon IV yang dilantik. Sedangkan untuk eselon IV yang mendapat promosi ke eselon III sebanyak 18 orang.

“Seluruh pejabat yang ditempatkan sudah sesuai dengan organisasi perangkat daerah (OPD) baru dan penempatannya juga seusai dengan kompetensi yang mereka punya,” kata Samsir yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, usai pelantikan.

Menurutnya, usai pelantikan seluruh pejabat Pemprov Banten akan menyiapkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan staf. Dirinya pun menargetkan awal Februari seluruh SKPD sudah berjalan dengan normal.

“Yah kita akan lihat dulu dan hitung staf mana yang SKPD yang kurang dan mana yang lebih, kita akan bagi itu. Lalu kita akan SK kan dan ga usah dilantik juga untuk staf,” ujarnya.

Dijelaskan Samsir, pihaknya tidak menampik jika proses pelantikan terjadi keterlambatan. Hal itu karena adanya revisi dari Kemendagri.

“Yah memang ada keterlambatan, karena ada revisi ternyata Korpri harus dihapus oleh karanya 7 orang pejabat struktural harus dimasukan ke SKPD dan itu menghambat promosi pejabat yang lain. Itu juga membuat kita terhambat. Dari KASN juga menghendaki tidak ada yang non job,” jelasnya.

Lebih lanjut Samsir menerangkan, setelah seluruh strukur dalam OPD sudah terisi, maka secara otomatis absensi segera berubah. “Minggu depan sudah normal dari pimpinan sampai staf,” katanya.

Sementara, Sekda Banten Ranta Soeharta mengatakan, pelantikan ini berdasarkan proses badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) Provinsi Banten, dengan mempertimbangkan kapsitas, kompetensi, integritas, loyalitas dan kinerja yang dimiliki pegawai.

“Pelantikan ini harus dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan kinerja untuk melaksanakan amanat pembangunan daerah sebagaimana yang kita cita-citakan,” kata Ranta.

Sekda mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik tentang fungsi ASN sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah, diantaranya dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang meliputi pelayanan dasar berupa pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Pemerintah daerah harus mampu menyediakan sarana dan prasarana yang baik di wilayah Banten, karena sarana dan prasarana yang baik akan mampu mendorong perekonomian masyarakat. Saya harap saudara-saudara mampu mendorong pemberdayaan segala potensi yang ada diwilayah Banten,” ujarnya.

Ranta berharap kepada pejabat pengawas yang mendapatkan promosi jabatan, kepercayaan yang diberikan harus dijadikan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik.

“Pejabat pengawas merupakan pejabat yang secara teknis melaksanakan kebijakan dan program kerja pemerintah daerah dalam upaya melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Dengan promosi saudara-saudara peroleh akan berdampak pada peningkatan tanggung jawab terhadap fungsi sudara sekalian,”jelasnya.(Okan).

KOMENTAR DISQUS :

Top