Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Kesehatan

Bahaya Tidur Seharian Saat Akhir Pekan

Rabu, 07 Juni 2017 10:10:25 wib - Komentar
Ilustrasi tidur berselimut (pixabay/unsplash)

(Banten88.com):  Apakah Anda sering menghabiskan waktu di akhir pekan dengan tidur? Hati-hati, riset terbaru mengungkapkan bahwa hal itu bisa menimbulkan social jet leg, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Temuan ini menunjukkan bahwa setiap jam social jet leg yang terjadi saat seseorang tidur dan bangun beberapa lama kemudian pada akhir pekan, dikaitkan dengan peningkatan 11 persen pada kemungkinan penyakit jantung.

Lonjakan social jet leg juga menyebabkan kesehatan lebih menjadi buruk, merusak suasana hati, serta kantuk dan kelelahan yang meningkat.

"Hasil ini menunjukkan bahwa keteraturan tidur, melebihi durasi tidur,  memainkan peran penting dalam kesehatan kita," kata pemimpin penulis Sierra B. Forbush, asisten peneliti dari University of Arizona di Amerika Serikat

Hal ini, kata Forbush menunjukkan bahwa jadwal tidur yang teratur merupakan pengobatan pencegahan penyakit jantung yang efektif, relatif sederhana, dan murah serta banyak masalah kesehatan lainnya.

Menurut rekomendasi American Academy of Sleep Medicine, orang dewasa harus tidur tujuh atau lebih jam per malam secara teratur untuk meningkatkan kesehatan optimal.

Untuk penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di Sleep Journal, tim tersebut menganalisis tanggapan survei dari 984 orang dewasa berusia antara 22 dan 60 tahun. (Sumber : Viva.co.id)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top