Indonesia English
Rabu, 18 Oktober 2017 |
Nasional - Pendidikan - Pemerintahan

Banten Alokasikan Anggaran LPTQ Rp. 17 Miliar

Selasa, 19 Januari 2016 20:00:58 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com): Pemprov Banten mengalokasikan anggaran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Banten sebesar Rp17 miliar. Alokasi anggaran itu naik siginifikan dibandingkan tahun sebelumnya yakni hanya Rp9 miliar. Artinya anggaran LPTQ Banten tahun ini naik sekitar 50 persen.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setda Provinsi Banten Irvan Santoso mengatakan, alokasi anggaran LPTQ tahun ini rencananya digunakan untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Banten yang menurut rencana tahun ini akan dilaksanakan di Kota Serang. Karena setelah dilakukan penunjukan pada MTQ ke-XII yang dilaksanakan di Kabupaten Lebak  Tahun 2015 lalu, sebenarnnya Kota Tangerang ditunjuk menjadi tuan rumah.

Namun Pemkot Tangerang menolak menjadi tuan rumah pada MTQ ke-XIII tingkat Provinsi Banten pada 2016 ini.  “Dengan penolakan tersebut Pemprov Banten akhirnya mengalihkan pelaksanaan MTQ XIII di Kota Serang,”katanya, Selasa (19/1).

Irvan mengatakan, dana sebesar Rp 17 milyar tersebut selain itu, rencananya juga dialokasikan untuk pembinaan-pembinaan tilawatil quran, gelaran event tilawatil quran, dan untuk keperluan lainnya.

“Saat ini pengurus harian LPTQ Banten sedang melakukan rapat, biasanya untuk persiapan kegiatan MTQ tingkat Provinsi dan kegiatan event nasional,” katanya.

 

Dijelaskan Irvan, Agar pembinaan bisa berjalan khususnya untuk utusan yang akan mewakili Banten di event nasional. Bahkan sejauh ini Pemprov telah meminta kabupaten/ kota untuk melaksanakan segera MTQ tingkat kabupaten/kota, sebelum tingkat provinsi dimulai pada 7 sampai 11 April 2016 di Kota Serang.

“Jika event daerah sudah dilaksanakan, pembinaan bisa di intensipkan, tingkat nasional sekitar Agustus di Nusa Tenggara Barat. Event daerah dipercepat karena perhitungan, masa pembinaan kepotong dengan puasa,” katanya.(AZM).

KOMENTAR DISQUS :

Top