Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Nasional - Olahraga

Banten Sukses Juara Umum Pospenas VII

Kamis, 27 Oktober 2016 18:45:56 wib - Komentar
Pospenas VII.

SERANG,(Banten88.com):Kontingen provinsi Banten akhirnya tampil sebagai juara umum di ajang Pospenas VII 2016. Berdasarkan hasil perolehan medali, perolehan medali Banten berada di puncak klasemen dan jauh dari 34 kontingen lainnya. Jika hari sebelumnya, perolehan medali Banten merosot berada posisi keempat hanya 7 emas, 2 perak, dan 9 perunggu. Namun di hari terakhir Kamis, (27/10) kontingen Banten berhasil meraih 12 emas, 7 perak, dan 5 perunggu. Sehingga total perolehan medali Banten menjadi 19 emas, 9 perak, dan 14 perunggu. 

Ketua Kontingen Banten Abdul Hadits Muntaha mengatakan, medali emas kontingen Banten paling banyak disumbangkan dari cabang Pencak silat dengan enam emas. Cabang pencak silat merupakan cabang yang diunggulkan Banten. Keenam emas di cabang Pencak silat diantaranya untuk kategori pencak silat ganda putra, pencak Silat Kelas A 39 s/d 42 Kg Putri atas nama Anisa Julianti. Pencak Silat Regu Putra, Pencak Silat Tunggal Putra, dan Pencak Silat Tunggal Putri atas nama Aat Fatimatuzzahro.

“Cabang Pencak silat ini merupakan cabang unggulan pendulang emas Banten. Karena setiap perlehatan Pospenas di cabang ini selalu menyumbangkan emas bagi Banten,” katanya. 

Hadits menerangkan, enam medali emas lainya berasal dari cabang olahraga futsal, cabang bola basket putera, cabang bola volley puteri, bulu tangkis ganda putri, bulu tangkis tunggal putri atas nama Hanifah Nursyifa, dan Tenis Meja tunggal putera. Untuk medali perak, yakni sebanyak tujuh medali disumbangkan dari cabang bola basket puteri, Bulu Tangkis Tunggal Putri, atletik kategori Estafet 4x400 M Putri, Pencak Silat Ganda Putri, Pencak Silat Kelas F 55 s/d 57 Kg Putri atas nama Amalia Laila Ramadhani, Pencak Silat Kelas H 61 s/d 63 Kg Putri Aisyah Nadhilah Arsyi Malik, Pencak Silat Regu Putri, dan Bulu Tangkis Beregu Putra. 

“Adapun tambahan lima perunggu kita dapatkan dari cabang bulu tangkis ganda putera, Lari 5000 M Putra atas nama M. Yusup Aspahani, Pencak Silat Kelas D 49 s/d 51 Kg Putra atas nama M. Rivai, Pencak Silat Kelas H 61 s/d 63 Kg Putra atas nama Encep E, dan Pencak Silat Kelas I 64 s/d 66 Kg Putra atas nama Rafi Malikusalam,” katanya.

Dijelaskan Hadits, di cabang Futsal, di babak final tim Banten berhasil mencukur tim Jabar dengan skor telak 4-0. Kemudian, di cabang bola volley putri, di babak final kontingen Banten berhasil menaklukkan tim bola Volley Riau dengan skor 3-0. Di cabang bulu tangkis, di hari terakhir ini Banten meraih dua emas, nomor beregu putri, tunggal putri dan ganda putri.

“Emas cabor bulutangkis didapat dari tunggal putri setelah di babak final menyisihkan atlet Jawa tengah. Dan emas kedua dari ganda putri didapat atlet Hanifah/Marcela setelah mengalahkan atlet Yogyakarta Dinda/Fernandya di babak final,” katanya.

Sekertaris Umum Panjatapda Pospenas Banten 2016 Mahfudin mengatakan, hasil prestasi ini tentunya sangat membanggakan bagi masyarakat Banten. Karena pada perlehatan Pospenas ke VI di Gorontalo, kontingen Banten hanya menduduki peringkat keempat, di bawah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Alhamdulillah Banten sukses di negeri sejuta santri dan seribu kiyai. Kita berhasil mengawinkan piala juara umum MTQ Nasional dan Pospenas. Tentunya, atas prestasi ini Banten mengukuhkan diri menjadi provinsi yang patut disegani karena prestasi anak-anak santrinya,” katanya.

Mahfudin menambahkan, atas prestasi ini tentunya merupakan kerja keras dari semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Pospenas VII di Banten antara Pemprov Banten, FSPP, Kanwil Kemenag Banten, pihak swasta, Pondok Pesantren, para santri dalam mensukseskan Pospenas Banten 2016.

“Sukses ini merupakan sukses bersama. Selain sukses sebagai tuan rumah, Banten juga sukses prestasi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno di tengah memasuki masa cuti kampanye mengatakan, dirinya optimis kontingen Banten bisa berhasil menjadi juara umum di ajang Pospenas Banten VII ini.  “Tidak mendahalui, hari ini saya bersyukur mendapat berita, bahwa para anak-anak kita, dan santri kita Insya Allah besok meraih juara umum Pospenas tahun 2016,” katanya saat menggelar acara silahturahmi dengan kepala SKPD dan Pimpinan DPRD Banten di pendopo Gubernur Banten, KP3B.

Rano mengatkan, prestasi ini merupakan sebuah karya yang sangat membanggakan bagi masyarakat Banten. “Prestasi ini bukan dari kita, tapi disumbangkan dari anak-anak kita yang berlaga di ajang Pospenas. Tak lupa, sebagai tuan rumah kami menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam penyelenggaraan acara ini. Dan ijinkan saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yg telah bekerja keras utk menyukseskan acara ini. Kemenangan ini adalah kemenangan kita semua,” katanya. (Advertorial).

KOMENTAR DISQUS :

Top