Indonesia English
Sabtu, 16 Desember 2017 |
Seputar Banten

Bedolan Pamarayan, Tatu Ikut Turun Menangkap Ikan

Kamis, 12 Oktober 2017 15:38:32 wib - Komentar
Bupati Kabupaten Serang, Hj Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak berbaur dengan warga turun ke sungai menangkap ikan.(Foto:Iman).

Serang, (Banten88.com): Bupati Kabupaten Serang, Hj Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak usai membuka festival bedolan bendungan Pamarayan dan mengunjungi stand pameran pembangunan menyempatkan diri untuk turun ke sungai menangkap ikan. Setelah dibukanya pintu irigasi bendungan Pamarayan dan air sungainya surut.

Keinginan orang nomor satu di kabupaten Serang ini ingin berbaur dengan warga dan merasakan bagaimana rasanya dan nikmatnya menangkap ikan di sungai Pamarayan seperti yang dirasakan ratusan warga pada acara bedolan bendungan Pamarayan.

Bupati Kabupaten Serang, Hj Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak mengatakan, bedolan bendungan Pamarayan merupakan tradisi yang perlu dilestarikan. Tradisi bedolan bendungan Pamarayan sudah ada sejak zaman belanda dan terakhir dilaksanakan tahun 2008 dan kini dihidupkan kembali.

“Tradisi bedolan bendungan Pamarayan akan terus dilestarikan ini sebagai ajang destinasi wisata budaya mempromosikan kabupaten Serang. Selain menarik wisatawan juga tradisi ini punya nilai sejarah tersendiri,”kata Tatu, Kamis(12/10/2017).

Bedolan Bendungan Pamarayan adalah pesta masyarakat terutama para petani saat memasuki musim tanam setelah menghadapi kemarau.

“Bendungan ini milik rakyat dan warga diminta untuk turut bertanggung jawab dengan memelihara bendungan ini. Setelah air surut, warga dapat berramai ramai menangkap ikan untuk dikonsumi di rumah masing- masing. Disinilah jalinan silaturahminya,”pungkasnya.(Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top