Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Kesehatan

Begini Posisi Duduk dan Angkat Barang yang Benar

Jumat, 04 November 2016 14:10:49 wib - Komentar
Ilustrasi pinggang nyeri.

Jakarta,(Banten88.com): Low back pain atau nyeri pinggang bisa terjadi salah satunya akibat posisi duduk atau body mekanik saat mengangkat barang yang tidak tepat. Lalu, bagaimana posisi duduk dan mengangkat barang yang tepat.

Menurut fisioterapis dari RSUK Kramat Jati Iqbal Ramadhan Fauzi, S.Ft, posisi duduk yang disarankan untuk mencegah timbulnya nyeri pinggang yakni duduk dengan posisi punggung bersandar penuh pada sandaran kursi. Iqbal mengingatkan, saat duduk, kaki sebaiknya harus menyentuh lantai.

"Posisi kaki yang tidak menyentuh lantai akan mengakibatkan terjadinya lengkungan yang berlebihan pada tulang belakang sebagai kompensasi," tutur Iqbal. Seperti  diberitakan detik.com.

Nah, lengkungan berlebihan pada tulang belakang bisa menyebabkan stres otot sampai struktur tulang belakang. Akibatnya, bisa memicu keluhan nyeri pinggang. Lalu, bagaimana posisi tubuh yang tepat saat mengangkat sesuatu?

Iqbal mengatakan, untuk posisi body mekanik saat mengangkat barang dari lantai atau tempat yang rendah, usahakan jangan membungkuk. Tetapi, terapkan posisi berjongkok dan memperhatikan postur tulang belakang.

Misalnya saja hendak mengangkat kardus, maka jongkok lebih dulu kemudian baru angkat barangnya. Dengan tetap mempertahankan posisi tubuh tetap tegak, baru angkat tubuh perlahan.(***)..

Sumber :Detik.com

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top