Indonesia English
Rabu, 18 Oktober 2017 |
Kesehatan

Deteksi Dini Kanker Serviks, TP PKK Lebak Gelar IVA Test

Senin, 02 Oktober 2017 16:16:01 wib - Komentar
Tim Penggerak PKK Kabupaten Lebak gelar Pemeriksaan Inveksi Viusal Asam Assetat (IVA Test).

Lebak, (Banten88.com): Pemeriksaan Inveksi Viusal Asam Assetat (IVA Test) yang digelar Tim Penggerak PKK Kabupaten Lebak mendapatkan respos postif dari masyarakat meskipun ada sebagian kecil yang takut untuk mengikuti pemeriksaan tersebut. Ketua TP PKK Kabupaten Lebak Ani Sumardi, mengatakan bahwa  IVA Test dilakukan untuk deteksi dini kanker leher rahim, bagi wanita usia subur yang sudah menikah.

Ani menjelaskan bahwa IVA Tes yang digelar sejak 2 bulan lalu sudah melebihi target. “Dari 3000 orang yang ditargetkan, ternyata antusiasme masyarakat sangat tinggi, hingga sampai saat ini sudah 4000 orang lebih yang tercatat mengikuti IVA Test ini.” Kata Ani, kepada media, saat melaksanakan Kegiatan sosialisasi IVA Test  di Kampung Koncang, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, Banten, akhir pekan kemarin.

Dari keseluruhan warga yang diperiksa tersebar di 28 Kecamatan, terdapat angka IVA Positif yang cukup tinggi, untuk itu TP PKK Lebak mendorong pihak Puskeksmas untuk segera menanganinya, karena jika tidak ditangani dengan serius dapat menyebabkan kanker serviks yang kini menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.

“Penderita tidak usah panik dan jangan sedih, silakan melakukan terapi sesuai anjuran tenaga medis” ujarnya. 

Menurut ketua TP PKK ini, banyak faktor yang dapat menyebabkan kanker seviks ini, diantaranya tidak menjalankan pola hidup sehat, untuk itu Ani menghimbau agar ibu-ibu harus memeriksakan secara rutin, setahun sekali ke Puskesmas terdekat.

Sementara Camat Cikulur, Habib Abdulah mengapreseasi kegiatan ini, menurutnya Program Eradikasi Kanker Serviks melalui IVA Tes ini sangat baik, karena untuk mendukung program Pemerintah Deaerah Kabupaten Lebak, yakni Lebak Sehat selain untuk menekan angka penderita kangker serviks.

“ini kegiatan yang bagus, saya berharap dapat dilanjutkan karena sangat membantu warga” ujarnya.

Di Cikulur sendiri IVA Tes ini sangat diapreseai  warga, terbutki dengan antusiasme warga, Kegiatan di Cukulur ini diikuti oleh 450 Orang dari berbagai desa di Wilayah tersebut. (Eli)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top