Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Politik

Dewan Nilai Pemantauan Lahan Pertanian Belum Optimal

Senin, 04 Desember 2017 18:50:33 wib - Komentar
Wakil Ketua DPRD Banten Muflikhah

SERANG,(Banten88.com):Wakil Ketua DPRD Banten Muflikhah berharap sinergitas antara program pemerintah dengan petani tidak lagi berjalan sendiri-sendiri. Ia melihat, saat ini pemanfaatan lahan pertanian masih kurang. Hal itu mengakibatkan potensi pertanian dan peternakan di daerah belum tergarap secara optimal.

"Saya ingin program pemerintah dengan perilaku masyarakat bisa berjalan bersama. Jangan sampai program bagus tapi masyarakatnya belum siap, atau masyarakatnya siap tapi programnya ngga jalan," kata politisi PPP itu.

Selaku koordinator Komisi II yang bermitra dengan Dinas perindustrian dan perdagangan, pertanian dan petrnakan, Koperasi dan UMKM, perikanan dan kelautan, Muflihah berharap, program yang ada dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh para petani.

"Saya ingin petani dikasih kemudahan untuk mendapatkan pupuk, dipermudah airnya juga. Saya berharap OPD yang bermitra dengan Komisi II dapat mengoptimalkan perannya dan ngga jalan sendiri-sendiri," ujarnya.

"Saya juga mau pemerintah merangkul petani. Dalam hal ini hasil pertanian dapat dioptimalkan dengan cara mempromosikan hasil tani lewat OPD terkait," sambungnya.

Ia juga menilai, generasi muda di Banten saat ini lebih memilih bekerja di kantoran dibandingkan menjadi petani atau peternak. "Harus ada sosialisasi agar masyarakat muda yang produktif jangan cuma kerja di pabrik atau jadi PNS, tapi harusnya bisa jadi petani. Di daerah lain bisa, Bali, Jogja, pemudanya nggak ngandelin pabrik tapi mereka mau jadi petani," jelasnya.

Ke depan, Muflihah berharap, petani di Banten tidak hanya menanam padi saja tapi juga bisa menanam palawija.

"Mindset kita harus berubah. Dan saya berharap kepada Pak WH dan pak Andika juga dapat mendorong peningkatan hasil tani di Banten, saya ngga mau kesejahteraan petani mandeg," katanya.(ADV).

KOMENTAR DISQUS :

Top