Indonesia English
Sabtu, 16 Desember 2017 |
Ekonomi dan Bisnis

Kebangkitan Kedaulatan Pangan di Banten, Angkat Kesejahteraan Petani

Minggu, 18 Desember 2016 16:27:49 wib - Komentar
Ilustrasi.

SERANG,(Banten88.com):Kebangkitan kedaulatan pangan di Provinsi  Banten  harus berbanding lurus dengan kesejahteraan para petani. Kedaulatan pangan harus  diperjuangkan dengan kerja keras dan kerja cerdas. Serius  dalam meningkatkan etos kerja kolektif dan menagih hak-hak petani yang terabaikan selama ini.

"Cerdas dan aktif mengkritisi kebijakan yang merugikan petani dan pertanian di Banten," kata Ketua Himpunan Keturunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Banten Adang Supandi pada puluhan petani di Banten saat penutupan kegiatan Sekolah Lapangan Penanaman Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale), Sabtu (17/12) di Pandeglang, Banten. Kegiatan Sekolah Lapangan tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani Banten, HKTI  menghimbau kepada seluruh pelaku usaha yang bergerak dibsektor pertanian baik BUMN maupun industri swasta nasional/asing  yang ada di Banten memiliki kepedulian dan tanggung jawab  sosialnya sebagai wujud nyata bahwasanya Daulat Ketahanan Pangan adalah daulat Ketahanan Nasional.

"Upaya baik untuk mensejahterakan petani harus didorong oleh semua pihak, sebab ini tanggungjawab bersama," jelasnya.

Untuk itu, kata Adang, HKTI Banten bertekad mensukseskan upsus pajale di Banten dan siap bekerja sama dengan seluruh Muspida dan jajaran  Skpd di Banten.

Menurutnya, sekolah lapang merupakan sarana peningkatan kesadaran kolektif petani Banten akan pentingnya peningkatan kemampuan individual maupun kelompok tani baik dalam budidaya dan manajemen pertanian.

"Pembenahan sumberdaya petani sangat penting dilakukan dalam menunjang kegiatan pertanian, sehingga pada akhirnya dapat mendongkrak perekonomian petani," ujarnya.(ERN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top