Indonesia English
Sabtu, 16 Desember 2017 |
Peristiwa

Koes Plus di Australia Tundukan Bee Gees, Rolling Stones Dan John Lennon

Rabu, 04 Oktober 2017 17:03:28 wib - Komentar
KOES PLUS - Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo dan Murry saat meluncurkan album Sederhana Bersamamu di Purnama Record (1980).

(Banten88.com): Pada 14 Agustus 1971 band Koes Plus dengan formasi Tonny Koeswoyo (Leader, lead guitar, keyboardis, penulis lagu & penyanyi), Yon Koeswoyo (Rhythem guitar, penulis lagu, lead vocal), Yok Koeswoyo (Bass guitar, penulis lagu dan penyanyi spesial suara dua), Murry (Drum, penulis lagu dan penyanyi). 

Album Koes Plus Volume 4 berisi 12 lagu dan hebatnya pada masa itu semua lagu ngetop. Adapun judul lagu di album tersebut sebagai berikut : 1. Malam Ini (Tonny K). 2. Jeritan Hatiku (Yon K). 3. Keroncong Pertemuan (Opa Koeswoyo atau Koeswoyo Senior). 4. Why Do You Love Me (Yok Koeswoyo). 5. Bunga Ditepi Jalan (Yon K). 6. Bertemu dan Berpisah (Murry). 7. Jangan Sedih (Yok K). 8. Jangan Berulang Lagi (Tonny K). 9. Kembalilah (Yon K). 10. Kasihku Yang Hilang (Tonny K). 11. Termenung Lesu (Yon K). Hati Orang Siapa Tahu (Tonny K). Sebelumnya pada awal 1971 Koes Plus mengalami kekalahan di pasar Piringan Hitam (PH) dan kaset saat album volume 3 dengan lagu andalan Hujan Angin dipasarkan. Di album tersebut ada juga lagu dahsyat dengan aransemen rumit namun tetap enak didengar berjudul Kasih Sayang (Tonny K). 

Bahkan saking dahsyatnya aransemen lagu ini dicontek group band aliran hard rock dari Inggris Led Zeppelin pada lagu berjudul Starway To Heaven ditulis Jimmy Page dan Robert Plant. Kenapa Led Zeppelin menyontek Koes Plus?. 

Ini bisa dilihat dari waktu saat album dirilis. Album Koes Plus Volume 3 yang terdapat lagu Kasih sayang dirilis dimita Moulding Jakarta pada medio Januari 1971. 

Sedangkan lagu Starway To Heaven  dari group hard rock Led Zeppelin baru dirilis di Island Studios London pada 8 November 1971. Kemudian timbul pertanyaan mengapa lagu sedahsyat Kasih Sayang dibuat dengan aransemen rumit dan megah oleh sang maestro  mas Tonny Koeswoyo (Alm. Wafat pada 1987 usia 51 tahun).

Menurut penuturan Mas Yon bahwa lagu itu memang terlalu berat untuk dicerna penggemar musik pop karena aransemennya terlalu rumit. “Masyarakat kita belum bisa menerima lagu-lagu dengan aransemen rumit seperti itu,” tutur mas Yon. 

TUNDUKAN BEE GEES & ROLLING STONES. Ada 3 catatan yang layak dikedepankan saat menyongsong album keempat Koes Plus ini. 1. Hebatnya semua lagu dalam album ini jadi top hits. 2. Tonny K sebagai leader berhasil mendorong Murry (Alm. Wafat pada 2014 usia 64) untuk pertama kalinya mempersembahkan suaranya pada lagu Bertemu dan Berpisah. 3. Catatan dengan pena emas layak diberikan pada Koes Plus karena melalui lagu Why Do You Love Me berhasil mengungguli dan menundukan lagu-lagu milik band besar kelas dunia seperti The Bee Gees (First of May), The Rolling Stones (Brown Sugar), The Cats (One Way Wind) bahkan lagu sekelas Imagine (John Lennon) dibuat bertekuk lutut ketika lagu Why Do You Love Me yang ditulis sang pencabik bass Koes Plus Yok Koeswoyo berhasil merajai tangga lagu-lagu di Australia dan popularitas lagu itu bertahan berminggu-minggu.

Ini artinya karya Koes Plus sudah setara atau bahkan mungkin lebih hebat dari karya super grup kelas dunia lainnya. Kelemahannya ada di pihak label yakni PT. Dimita Moulding yang tidak mempersiapkan sistem pemasaran terintegrasi dan global. 

Koes Plus dengan kecerdasannya berhasil membedah cakrawala musik dunia namun sayangnya tidak  di back up oleh sistem pemasaran PH dan kaset yang mumpuni. Demikian pula ketika Koes Plus berpindah dari dimita ke Remaco lalu menghasilkan album lagu-lagu berbahasa Inggris dengan title Another Song For You, pihak Remaco yang kala  itu merupakan label major terbesar se-Asia Tenggara hanya berkutat dan concern pemasaran kaset didalam negeri. Tidak menutup kemungkinan jika album Another Song For You dipasarkan diluar negeri akan memperoleh sambutan yang baik.

Mengingat di album tersebut kental dengan warna Beatle dan Bee Gees yang kala itu sangat digandrungi. Adapun lagu yang kental dengan warna Beatle yakni berjudul Yes I Do, Will Come To You dan Let Me Free sedangkan yang kuat pengaruh Bee Gees antara lain terdapat pada lagu My Lady, The Just Joke, Angel dan She Is The one. (Seno Supono)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top