Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Nasional - Politik

Maraknya Calo Tenaga Kerja di Banten, Dewan Akan Menindak Tegas

Sabtu, 02 Desember 2017 19:43:46 wib - Komentar
Nuraini Anggota Dewan provinsi Banten dalam sambutannya di acara Jaring Aspirasi Masyarakat Sabtu. (2/12/2017) di salah satu gedung di Kota Serang, Banten.

Serang,(Baten88.com): Dewan  akan menindak tegas bila mana ada dan terbukti  adanya percaloan dan pungli  saat melakukan  rekruitmen tenaga kerja  pada perusahaan di provinsi Banten. Demikian dikatakan Nuraini Anggota Dewan provinsi Banten dalam sambutannya di acara Jaring Aspirasi Masyarakat Sabtu.  (2/12/2017) di salah satu gedung di Kota Serang, Banten.

"Ya mengenai masih banyaknya pencaloan atau pungli untuk rekrutmen pekerja harus di berantas kita akan tindak tegas,untuk lowongan tenaga kerja ini biasanya kan perusahaan perusahaan banyak yang tidak melalui pemerintah. Perusahaan biasanya bermain main melakukan rekrutmen karyawan sendiri sendiri tanpa ada laporan ini kita akan buatkan Perda nya, nanti akan di muat subtansi bagaimana perusahaan itu melakukan rekrutmen,"jelasnya.

Sementara menurut kepala Dinas tenaga kerja provinsi Banten Alhamidi yang juga hadir dalam acara tersebut  mengatakan banyaknya masalah tentang ketenagakerjaan,dari tingginya masalah pengangguran dan masih banyaknya pencaloan dan pungli di provinsi Banten.   "Dalam hal ini dinas tenaga kerja Provinsi Banten akan bekerja sama dengan aparat kepolisian akan menidak setiap langkah langkah ketentuan sesuai dengam undang undang ketenaga kerjaan baik itu juga di minta sejumlah uang bagi masayakat yang akan bekerja itu akan kami serahkan ke Polisi," ujarnya.

Hamidi  juga berharap di Provinsi Banten ini bila mana ada perusahaan yang akan membuka lowongan pekerjaan agar tidak di mintai uang.  "Kita akan menidak setiap pelanggaran pelanggaran yang ada,jadi kalau seandainya ada calon tenaga kerja yang mintai uang dan memang sudah dipastikan secara hukum itu pidana artinya secara umum di undang undang  bahwa bilamana yang bersangkutan itu di mintai uang itu akan masuk ke ranah hukum,”tegasnya.

Ia juga menambahkan,  hasil pantauan di beberapa kabupaten kota itu permintaan uang sogokan itu hampir sama, ada yang di rekrut oleh oknum tertentu itu di mintai uang untuk calon yang ingin bekerja.

"Yang lebih meyedihkan lagi mereka para calon tenaga kerja asal Banten sendiri harus pontang panting mencari uang untuk sogokan. Kalau dari calon tenaga kerja luar Banten sih tidak jadi masalah ya, karna mereka biasanya sudah siap dan ini sebetulnya ini bukan  rahasia umum, mungkin temen juga tau cuman tidak berani menyampaikan itu.masyarakatnya tertipu, kedepan kita berharap ini bisa di minimalisir dan  dicegah agar tidak ada lagi pungli,” pungkasnya. (Adv)

KOMENTAR DISQUS :

Top