Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Seputar Banten

Pemerintahan Desa Di Kab Lebak, Didesak Pasang Baliho Informasi Kegiatan

Senin, 30 Mei 2016 19:03:36 wib - Komentar

LEBAK,(Banten88.com): Komisi Transparansi Publik (KTP) Kabupaten Lebak, mendesak seluruh Pemerintahan Desa di Kabupaten Lebak, untuk segera memasang Baliho informasi publik kegiatan APBDes anggaran tahun 2016.

Pemasangan Baliho atau papan informasi publik pada kegiatan APBDes sangat penting.Selain sudah dianggarkan, pembuatannya juga sebagai bentuk transparansi publik agar msyarakat di desa mengetahui jenis kegiatan dan anggaran yang digunakan oleh desa.

"Berdasarkan hasil monitoring ke lapangan,ditemukan hampir semua desa di Kabupaten Lebak tidak transparan. Hal terkecil saja soal papan informasi atau Baliho kegiatan hampir semua desa tidak memasangnya," ujar Agus Ider Alamsyah, Ketua Bidang Advokasi dan Mediasi pada kantor Komisi Transparansi Publik, Senin (30/5/2016).

Selain itu,Agustus juga mengkritik kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Pemerintah Kabupaten Lebak.

Menurut Agus, selama ini BPMPD banyak melakukan kegiatan sosialiasi dan kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) yang diikuti desa-desa di Kabupaten Lebak.

Namun lanjut Agus, hasil dari sosialisasi dan diklat yang dilaksanakan tidak menunjukan hasil yang signifikan dan hanya terkesan memboroskan anggaran saja.

"Buktinya, masih banyak desa yang tidak mau transparan terkait pelaksanaan pembangunan yang dibiayai dari dana desa atau APBDes ini. Kalau seperti ini sebaiknya Kepala BPMPD harus mengepaluasi semua kegiatan diklat,agar tidak lagi kegiatan diklat  hanya terkesan menghamburkan uang negara, sedangkan hasilnya nihil," pungkas Agus. (Eli).

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top