Indonesia English
Senin, 18 Desember 2017 |
Ekonomi dan Bisnis

Pemprov Soroti Investasi Tinggi di Banten

Senin, 18 September 2017 22:01:52 wib - Komentar
Sekertaris Daerah Pemprov Banten, Ranta Soeharta

Serang, (Banten88.com): Investasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dirasa cukup tinggi, namun tidak sebanding lurus dengan tingkat pengangguran yang ada di Provinsi Banten. Sehingga Pemprov Banten harus melakukan evaluasi meskipun saat ini sudah memiliki solusi.

Sekertaris Daerah Pemprov Banten, Ranta Soeharta mengatakan bahwa dalam investasi semester pertama dari PMA dan PMDN seluruhnya hampir mencapai Rp 24 triliun dari target yang dinginkan sebanyak Rp 30 triliun, namun penyerapan tenaga kerjanya tidak seimbang.

“Saat ini masih dalam kajian, seharusnya investasi tinggi bisa menyerap tenaga kerja, tapi kenapa tidak tegak lurus,” katanya kepada wartawan seusai pembukaan kegiatan penguatan kemudahan investasi langsung kontruksi (Klik) di Hotel Ratu Serang, Senin (18/09/2017).

Dijelaskan Ranta, pihaknya harus melakukan evaluasi, dikhawatirkan ada yang salah ataupun ada sistem lain yang ada di salah satu perusahaan. “Ini harus di evaluasi, apa dari tenaga kerja ada yang salah tidak. Atau memang investasi padat modal, jadi kalau padat modal pabriknya hanya menyediakan pekerja yang sedikit, bisa jadi umpamanya investasinya Rp 5 triliun, tapi penyerapan tenaga-nya sedikit, padahal pengangguran kita tinggi,” ujarnya.

Menurut Ranta saat ini perizinan investasi yang ada di Kota dan Kabupaten masih tergolong susah, karena pihak investor harus melakukan beberapa perizinan, meskipun sudah diberlakukan aturan baru namun pihaknya harus mencari metode yang lebih baik lagi.

“Sekarang sudah satu atap. Satu pintu satu atap, berkasnya banyak atapnya, semoga kedepannya ada metode yang lebih baru. Karena biasanya investor itu tidak ingin susah tapi lebih ingin praktis. Paling tidak nanti perizinannya bisa membuat mereka (investor) jadi nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten Wahyu Whardana mengatakan, tujuan diadakaannya acara tersebut untuk bisa memberikan kemudahan pada investor yang ingin berinvestasi di Banten.

“Dengan kegiatan ini semoga investasi di Banten ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan,” harapnya. (ERN)

KOMENTAR DISQUS :

Top