Indonesia English
Sabtu, 16 Desember 2017 |
Hukum dan Kriminal

Penjual Elang Ular Bido Ditangkap Petugas BKSDA

Jumat, 29 September 2017 20:31:05 wib - Komentar
Ilustrasi

Serang, (Banten88.com): Petugas  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat dan anggota Polsek Kasemen menangkap Qororudin Khotib penjual elang jenis ular bido (Spilornis Cheela Bido), Jumat (29/09/2017). 

Pelaku ditangkap di sebuah toko hewan di wilayah Kampung Kilasah, Kelurahan Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. 

Kepala Pos BKSDA Serang, Udaya mengatakan penangkapan pelaku bermula dari informasi yang didapat di media sosial facebook. Pelaku menjual elang tersebut melalui facebook di grup Jual Beli Hewan Banten. 

Petugas lalu berpura-pura sebagai pembeli elang tersebut. “Pelaku memasang tarif  Rp1,5 juta per ekor,” ujar Uday.

Setelah harga disepakati, petugas lalu memancing pelaku untuk bertransaksi secara langsung. 

Pelaku meminta bertransaksi di sebuah toko hewan di wilayah Kampung Kilasah, Kelurahan Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. “Saat itu, petugas langsung menemui pelaku dan mendapati barang bukti di tangan pelaku,” kata Uday.

Selanjutnya, palaku langsung digiring ke kantor BKSDA Serang. Akibatnya pelaku diancam pasal 21 Ayat (2) huruf a dan atau huruf b dan atau huruf d juncto Pasal 40 ayat (2) UU No 5 Tahun 1990. 

Jika terbukti menjual hewan tersebut pelaku diancam hukuman penjara selama 5 tahun dan denda Rp100 juta. "Kita akan dalami lagi, apakah ada pelaku lain yang menjual hewan dilindungi," tutur Uday. (Okan)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top