Indonesia English
Jumat, 15 Desember 2017 |
Olahraga

Ranking FIFA Jeblok, Pelatih Timnas Malaysia Mundur

Kamis, 07 Desember 2017 17:21:45 wib - Komentar
Merasa gagal, pelatih asal Portugal memutuskan mundur dari jabatan pelatih kepala Timnas Malaysia. (Bola.com/Dok. FAM)

Kuala Lumpur, (Banten88.com): Jalinan kerja sama Nego Vingada dengan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) berakhir dini. Pelatih asal Portugal itu diketahui menyampaikan pengunduran diri dari jabatan sebagai pelatih Timnas Malaysia. Hal itu disampaikan Nelo Vingada kepada FAM, Rabu (6/12/2017).

Seperti dilansir dari situs resmi FAM, FAM langsung menerima pengunduran diri Nelo Vingada. Turut mundur bersama Vingada, adalah dua asisten pelatih timnas, yakni Joao Arnaldo Correia De Carvalho dan Francisco Jose Bruto Da Costa.

"Setelah berdiskusi dengan Tungku Ismail Sultan Ibrahim sebagai Presiden FAM, saya bertanggung jawab atas kinerja timnas. Dengan rasa tanggung jawab atas apa yang terjadi, saya mengumumkan pengunduran diri sebagai pelatih kepala timnas dan Presiden FAM menerima keputusan ini," kata Nelo Vingada.

Pengunduran diri ini disambut biasa saja oleh dunia sepak bola Malaysia. Bisa jadi karena mereka sudah gerah dengan pencapaian tim Harimau Malaya sejak ditangani pelatih berjulukan The Professor ini.

Nelo Vingada dipilih Presiden FAM, Tunku Ismail Sultan Ibrahim, jadi pelatih kepala Timnas Malaysia senior pada medio Mei 2017. Ia menggantikan posisi Ong Kim Swee yang diturunkan jadi pelatih Timnas U-23/U-22.

Sebelumnya, sempat beredar pelatih Persib Bandung saat ini, Mario Gomez, yang akan menduduki jabatan pelatih Timnas Malaysia. Namun, lantaran ia meminta kontrak yang dinilai terlalu tinggi, pilihan jatuh pada Nelo Vingada.

Sejak melatih tim Harimau Malaya, Nelo Vingada menangani tim pada tujuh pertandingan internasional, termasuk kualifikasi Piala Asia 2019. Hasilnya, hanya sekali bermain imbang dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Imbasnya, ranking FIFA Malaysia jeblok. Per 23 November 2017, Malaysia menduduki ranking FIFA terendah sepanjang sejarah mereka, dengan berada di urutan ke-174. Di saat bersamaan, Timnas Indonesia yang jadi lawan abadi, melonjak 11 peringkat ke ranking 154.

Dengan pengunduran diri Nelo Vingada, FAM kini harus mencari pelatih anyar. "Sebagai penggantinya, kami akan mengumumkan secepatnya mengingat masih ada kualifikasi Piala Asia di bulan Maret 2018 serta Piala AFF pada November 2018. Soal kandidat, apakah pelatih lokal atau asing, biar Presiden TMJ yang memutuskan dan mengumumkan dalam waktu dekat," ujar Datuk Hamidin Mohd Amin, Sekjen FAM.

Sebagai catatan, Nelo Vingada merupakan pelatih asing pertama yang duduk di kursi panas pelatih kepala Timnas Malaysia dalam kurun waktu 13 tahun terakhir. (Sumber : Bola.com)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top