Indonesia English
Rabu, 18 Oktober 2017 |
Kesehatan

Ribuan warga mengikuti tes IVA di Puskesmas Serang

Selasa, 21 April 2015 17:22:37 wib - Komentar
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten. drg. Sigit Wardoyo

Serang,(Banten88.com): Ribuan warga rela melakukan antri untuk  mengikuti tes IVA (Inpeksi Visual Asetat) di  Puskesmas Kota Serang, Banten. Selasa (21/04). Tes IVA ini untuk mendeteksi dini supaya cepat diketahui, sehingga dapat dicegah berkembang lebih lanjut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten drg Sigit Wardojo  mengatakan, kanker leher Rahim dan kanker payudara perlu diwaspadai sejak dini sehingga tidak mengalami keterlambatan dalam memperoleh penanganan. Kondisi ini sering terjadi karena ketidaktahuan masyarakat khususnya kaum perempuan mengenai informasi kanker secara komperhensif. “Dengan deteksi dini akan semakin cepat diketahui, sehingga dapat dicegah berkembang lebih lanjut,” kata Sigit di  Puskesmas Kota Serang, Banten. Selasa (21/04).

Sigit menjelaskan, bagi kaum wanita untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker, untuk terus giat meningkatkan kepedulian kesehatan sebagai wujud kesetaraan gender untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang sama. 

Ia menyebutkan, berdasarkan koordinasi dari delapan daerah di Banten, peserta yang mengikuti tes IVA mencapai 2850 orang, sementara dari kota serang sebanyak 239 orang.

 “Kegiatan ini tidak akan terhenti sampai disini saja, tetapi akan terus berlanjut dengan perluasan jangkauan sasaran masyarakat melalui upaya promosi dan sosialisasi secara terus menerus sehingga menarik minat kaum perempuan untuk terus memeriksakan kondisi kesehatan reproduksinya dengan pemeriksaan kesehatan yang sederhana,” jelasnya. 

Pencanangan Gerakan ini digagas oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) yang dipimpin oleh ibu Negara Iriana Jokowi bersama dengan Tim Penggerak PKK Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Acara ini juga dihadiri istri Kapolri  Nining Badrodin Haiti, Istri Menteri Perhubungan Ratnawati Jonan, Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar, dan Walikota Serang Tb Haerul Jaman.(YAN).

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top