Indonesia English
Senin, 18 Desember 2017 |
Seputar Banten - Pendidikan - Pemerintahan

Sekda Banten Pantau UN di SMK N 1 Pandeglang

Senin, 13 April 2015 20:13:07 wib - Komentar

Pandeglang,(Banten88.com): Sekda Banten H Kurdi Matin memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer di SMK Negeri 1 Pandeglang, Jl. Raya Labuan Km. 05 Kadulisung, Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tak banyak bicara, Sekda Kurdi Matin terlihat memantau UN dari luar ruang kelas. Senin (13/04).

Usai memantau, Sekda mengaku sangat menyetujui pelaksanaan sistem online dalam ujian nasional tersebut. “Jadi memang saya kira ke depan semua ujian bisa mengarah ke sini (sistem online), apalagi kita punya pengalaman di tes CPNS bagus sekali, tidak ada gangguan listrik dan gangguan jaringan, kalau liat apresiasi anak-anak sepertinya masih bagus CBT (Computer Based Test), mudah mudahan kedepan banyak lagi jumlahnya,” Kata Sekda di dampingi Kepala Dindik Banten Engkos Kosasih, dan Kepala Inspektorat Anwar Mas’ud

Menurut Sekda penggunaan sistem komputer akan mempermudah pelaksanaan dan pengawasan ujian nasional oleh Dinas Pendidikan karena lebih efektif. “Dengan sisitem ini akan lebih efektif bentuk pengelolaannya, tidak ada kecurgiaan perubahaan-perubahan hasil ujian, tugas panitia lebih ringan karena semuanya diolah di Puspendik,” Jelasnya.

Terkait keluhan dari siswa atau panitia, sekda memastikan sampai senin sore pelaksanaan UN baik secara manual maupun online berjalan lancar. “Sampai sore ini kita belum menerima keluhan, nanti malem kita evaluasi dan komunikasi dengan dindik Kabupatem/Kota jalan terus untuk menampung kemungkinan yang akan terjadi di pelaksanaan UN. Kita juga besok akan pantau UN di Tangerang dan Serang,” ucap sekda.

Sekda juga berharap pada tahun ini seluruh siswa yang mengikuti UN di Provinsi Banten bisa lulus 100 persen “Target kita tentunya bisa 100 persen dong lulus semua, minimal bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Engkos Kosasih mengatakan, kekhawatiran terhadap adanya gangguan teknik terkait pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT) ternyata tidak terbukti. Hari pertama pelaksanaan UN-CBT di Provinsi Banten relatif lancar. 22 sekolah yang menyelenggaran UN sistem online yang tersebar di Banten melaksanakan tepat waktu.

“Kita mengapresaisi pelaksanaan UN CBT maupun manual berjalan lancar, tidak ada keluhan dan kekurangan soal, mudah-mudahan sisa waktu kedepan juga lancar. Kedepan kita akan dorong Dindik Kabupaten/Kota agar menyiapkan diri, tentu resikonya harus menyiapkan perangkat komputer dan sistemnya. Saya yakin kemungkinan tahun depan lebih banyak, dikarenana UN sistem ini lebih simpel, efektif dan efisien,” jelasnya.

Engkos menyebutkan, UN dengan sistem *computer based test* (CBT) di Banten diikuti oleh 6.430 peserta, yang tersebar di 22 sekolah yaitu 13 SMK dan SMA 9 Sekolah.

“Pada saat verifikasi yang kami lakukan terhadap sekolah-sekolah yang memenuhi syarat untuk melakukan UN CBT, kami hanya menemukan 19 SMA/MA/SMK yang memenuhi syarat. Namun, verifikasi tahap berikutnya dilakukan langsung oleh tim dari dirjen SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga ada tambahan sebanyak 3 SMK yang memenuhi syarat untuk pelaksanaan UN CBT. Jadi jumlah total SMA/MA/SMK yang melaksanakan UN CBT di Banten tahun 2015 ini sebanyak 22 sekolah, dan lebih banyak di Pandeglang 5 sekolah” jelas Engkos.

Sekdis Dindik Banten selaku Ketua Panitia UN di Provinsi Banten, Tedy Rukman menyebutkan, bahwa jadwal UN utama untuk SMA mulai 13-15 April 2015 dan UN utama untuk SMK mulai 13-16 April 2015. Sementara UN susulan untuk SMA mulai 20-22 April 2015 dan UN susulan untuk SMK mulai 20-23 April 2015.

“Jadwal UN CBT utama untuk tingkat SMA/MA dimulai pada tanggal 13-21 April 2015 dan UN CBT susulan dilaksanakan pada tanggal 27-29 April 2015. Sementara UN CBT utama untuk tingkat SMK mulai pada tanggal 13-16 April 2015 dan UN CBT susulan untuk tingkat SMK mulai pada tanggal 20-21 April 2015,” jelasnya.

Menurut Tedy, seluruh persiapan untuk pelaksanaan UN di Banten sudah matang, sehingga pelaksanaan UN diharapkan berjalan lancar, aman dan tertib. “Kita berharap pelaksanaan UN di Banten berjalan lancar dan tertib,” ungkapnya.(YAN).

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top