Indonesia English
Jumat, 06 Desember 2019 |
Ekonomi dan Bisnis

2 Proyek PLTU 'Raksasa' Dapat Dana dari Jepang Bulan Ini

Senin, 06 Maret 2017 14:18:12 wib - Komentar
Ilustrasi

Jakarta, (Banten88.com): PT PLN (Persero) mengungkapkan, 2 proyek PLTU 'raksasa' dengan kapasitas di atas 1.000 megawatt (MW) akan mencapai tahap financial close, yaitu mendapat kepastian kredit untuk pendanaan pada bulan ini. 

Dua proyek itu adalah, PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 berkapasitas 2 x 1.000 MW yang terletak di Jepara, dan PLTU Cirebon Ekspansi berkapasitas 1.000 MW.

Total biaya investasi untuk proyek PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 mencapai US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 53 triliun. Sedangkan nilai investasi PLTU Cirebon Ekspansi US$ 2,1 miliar alias Rp 28 triliun. Keduanya sama-sama dibiayai oleh utang dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

"PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6, PLTU Cirebon Ekspansi bulan ini financial close. Tapi saya enggak tahu persis tanggalnya. Agak cepat semua ini," kata Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, kepada detikFinance, Senin (6/3/2017). 

Surat Jaminan Kelayakan Usaha (SJKU) untuk keduanya telah diterbitkan pemerintah pada akhir Desember 2016 lalu. Dengan demikian, JBIC sudah bisa mencairkan pinjaman untuk produsen listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) yang membangun PLTU Tanjung Jati B dan PLTU Cirebon Ekspansi. 

PLTU Cirebon Ekspansi atau dikenal juga dengan nama PLTU Jawa 1 dibangun di Desa Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dengan masa pembangunan konstruksi selama 51 bulan. IPP yang membangunnya adalah Konsorsium Marubeni Corporation, Indika Energy Tbk, Samtan Co. Ltd, Korea Midland Power Co. Ltd, dan Chubu Electric Power Co. Inc.

Ditargetkan pembangkit ini dapat beroperasi secara komersial (Commercial Operation Date/COD) pada semester I-2020. 

Sedangkan PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 alias PLTU Jawa 4 berlokasi di Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pembangkit ini milik Sumitomo Corporation, Kansai Electric Power Co. Inc, dan PT United Tractors Tbk.

Sama dengan PLTU Cirebon Ekspansi, PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 dijadwalkan bisa COD pada 2020 setelah konstruksi selesai di akhir 2019. (Sumber : Detik.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top