Indonesia English
Selasa, 11 Desember 2018 |
Nasional

200 LEBIH PIALA MENUNJUKAN EKSISTENSI SMPN 1 KUNINGAN SEBAGAI SEKOLAH UNGGUL

Rabu, 12 September 2018 19:01:21 wib - Komentar
Denah Bumi Perkemahan SMPN 1 Kuningan dikawasan Curug Sidomba.

KUNINGAN,(Banten88.com):  DILUARAN terdengar santer bahwa SMPN 1 Kuningan adalah sekolah favourite, sekolah unggul dengan seabreg prestasi akademik, juga berprestasi dibidang olahraga dan seni. Dikenal pula sebagai sekolah anak - anak orang tajir alias orang mampu.

Karena penasaran, Rabu (12/9/2018), media cyber Banten88.com mewancarai Kepala Sekolah SMPN 1 Kuningan, H.Supriyadi, M.Pd meliputi aspek pembinaan siswa dan cara mempertahankan prestasi. Berikut petikannya.

Banten88.com : Benarkah sekolah yang bapak pimpin adalah sekolah unggulan dan favourite ?.

Supriyadi : Pertanyaannya jangan seperti itu. Karena sekolah favourite oleh pemerintah mau ditiadakan dengan harapan semua sekolah bisa menjadi sekolah favourite.

Banten88.com : Ketika mau masuk ruangan sekolah ini ratusan piala sebagai supremasi lambang prestasi tertata rapi. Berapa jumlah piala yang sudah diraih ?.

Supriyadi : Seluruh piala sudah kami infentarisir jumlahnya 200 lebih.

Banten88.com : Piala itu diraih dalam lomba apa saja ?.

Supriyadi : Dari berbagai perlombaan dan pertandingan antar sekolah baik yang diselenggarakan Dinas Dikbud Kabupaten Kuningan maupun tingkat Provinsi Jabar dan instansi lainnya. Dan sekolah kami SMPN 1 Kabupaten Kuningan selalu menjadi Juara Umum.

Banten88.com : Sejak kapan memimpin sekolah ini ?.

Supriyadi : Sejak 2014

Banten88.com : Berapa jumlah siswa ?.

Supriyadi : 915 anak didik

Banten88.com : Bagaimana cara mempertahankan prestasi ?.

Supriyadi : Yang saya lakukan diawal awal adalah menyeleksi siswa yang punya minat dan bakat

dibidang masing - masing. Kami melakukan pembinasn secara rutin dan berkesinambungan guna meraih prestasi disemua jenjang atau lini dan dilakukan jauh lebih awal dibanding sekolah lain.

Banten88.com : Bisa diuraikan lebih detail ?.

Supriyadi : Setiap awal tahun ajaran jika sekolah lain baru berfikir ke hal - hal yang bersifat umum, kami sudah memulai ke hal - hal yang bersifat khusus. Misalnya terkait dengan seluruh perlombaan. Demikian pula jika ada surat pemberitahuan akan ada sesuatu kegiatan, sekolah lain baru mempersiapkan, kami hari ini sudah siap terlebih dahulu.

Banten88.com : Berapa jumlah kegiatan ekstra kurikuler di SMPN 1 Kuningan ?.

Supriyadi : Kami memiliki 47 kegiatan ekstra kurikuler meliputi antara lain dibidang olahraga ada futsal, volibal, karate, silat dll.

Bidang seni antara lain seni tradisional kontemporer, seni tradisional murni, vocal group, nyanyi solo, seni tari, seni Sunda Pupuh dll.

Banten88.com : Benarkah seni Sunda Pupuh tidak lagi diselenggarakan di tingkat Provinsi?.

Supriyadi : Seni Pupuh di tingkat Provinsi Jabar masih terus diselenggarakan. Dalam Paskab yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, ada lomba pidato berbahasa Sunda, lomba Pupuh, Dongeng, lomba baca puisi Sunda, lomba cipta puisi Sunda. Kegiatan ini digelar untuk apresiasi Bahasa dan Sastra Sunda.

Banten88.com : Terkait dengan pelaksanaan camping siswa kapan diselenggarakan ?.

Supriyadi : Tanggal 18,19 dan 20 September.

Banten88.com : Lokasinya ?

Supriyadi : Di Curug Sidomba

Banten88.com : Kenapa memilih lokasi di Curug Sidomba

Supriyadi : Kawasan Sidomba lokasinya sangat luas, lebih aman, steril dan orang tidak bisa masuk sembarangan. Serta mampu menampung kendaraan para orang tua yang antar jemput putra putrinya.

Banten88.com : Siswa siswi yang sekolah disini adalah anak dari orang tua ekonomi mapan. Apa mau diangkut dengan angkutan umum ?.

Supriyadi : Sekolah tetap menyiapkan sarana angkutan. Namun jika orang tua murid punya

fasilitas kendaraan dan mau mengantar putra atau putrinya kami persilahkan

Banten88.com : Angkutan umum jenis apa yang akan dipersiapkan sekolah ?.

Supriyadi : Angkutan jenis truk.

Banten88.com : SIswa siswi adalah anak - anak orang berada. Apa mau naik truk ?

Supriyadi : Anak - anak tidak masalah naik truk.Mereka senang dengan angkutan yang terbuka. Karena menikmati sensasi yang luar biasa. Bedanya jika sekolah - sekolah yang berlokasi dipinggir kota berlomba - lomba untuk.naik mobil bagus. Kalau anak disini justru sebaliknya. Naik truk dengan atap terbuka adalah sensasi yang luar biasa.

Banten88.com : Bagaimana cara mengatur ratusan siswa dan pengantar agar tertib ?.

Supriyadi : Dulu sebelum saya memimpin sekolah ini misalnya jika yang camping 1000 siswa, maka mobil yang mengantar jumlahnya juga 1000. Tentu hal ini bermasalah dilokasi parkir. Sehingga begitu kami memimpin sekolah ini kami atur lebih proporsional. Setiap 1 regu hanya boleh 2 mobil. Satu mobil mengangkut siswa dan satu mobil berisi perlengkapan camping. Jika ada 100 regu yang camping hanya perlu 200 mobil saja.

Banten88.com : Soal keselamatan dan kenyamanan siswa naik truk ?

Supriyadi : Kami berjalan secara konvoi dan dikawal dan didahului mobil polisi jadi tetap aman. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top