Indonesia English
Minggu, 05 Juli 2020 |
Pendidikan

37 Siswa SMAN 1 Cikande Lolos SNMPTN dan SPAN PTKIN

Kamis, 16 April 2020 07:15:50 wib - Komentar
Kepala UPT SMA Negeri 1 Cikande, Mulyadi, M.Pd berfoto bersama dengan siswa siswi di halaman sekolah.

Serang (Banten88.com): Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) tahun ini luar biasa. Hasil rekap sekolah siswa siswi SMA Negeri 1 Cikande yanb berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN lebih banyak dari tahun kemarin. Karena faktor akreditasi sekolah yang meraih A sehingga jumlah kuota SNMPTN lebih banyak lagi 45 persen dari jumlah kelas XII. Tahun ini kuota SNMPTN sebanyak 144 siswa-siswi, yang ikut daftar hanya 82 peserta didik. Dan yang berhasil diterima sebanyak 30 orang. Hal tersebut disampaikan Kepala UPT SMA Negeri 1 Cikande, Mulyadi, M.Pd kepada wartawan melalui pesan elektronik, kamis (16/4/2020).

 

Mulyadi menjelaskan sedangkan faktor yang lain karena tahun ini, SMAN Cikande baru bebas blacklist dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), setelah 3 tahun tidak ada satu siswa pun yang diterima di jalur SNMPTN.

“Alhamdulilah tahun ini, sebanyak 21 siswa dari sekolah kami yang diterima di Untirta jalur SNMPTN. Target kami sebenarnya masih belum maksimal, harusnya 40 sampai 60 siswa bisa diterima dari jalur SNMPTN. Sedangkan SPAN PTKIN, tahun ini lulus 7 siswa,”jelas Mulyadi.

Mulyadi mengatakan hasil rekap sekolah, siswa- siswi yang lulus SNMPTN dan SPAN PTKIN tahun 2020 antara lain 21 orang di Untirta, Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) sebanyak 2 orang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebanyak 1 orang, Universitas Negeri jakarta (UNJ) sebanyak 1 orang, Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebanyak 2 orang, UIN Jakarta sebanyak 1 orang, Institut Teknologi Sepulun November (ITS) sebanyak 1 orang, Universitas Islam Negeri (UIN walisongo) sebanyak 1 orang, UIN Syarif Hidayatullah sebanyak 6 orang  (SPAN –PTKIN), UIN PWK sebanyak 1 orang (SPAN-PTKIN).

“Jadi totalnya ada 37 siswa yang lulus diterima di perguruan tinggi baik melalui jalur SNMPTN dan SPAN-PTKIN,”tambahnya.

 

Menurut Mulyadi, peluang siswa masuk Perguruan Tinggi masih terbuka, masih ada jalur SBMPTN melalui UTBK, pendaftaran baru akan dimulai 2 Juni 2020 mendatang, masih ada ujian mandiri yang diselenggarakan perguruan tinggi masing-masing.

“Target SMAN 1 Cikande sesuai visi dan misi tahun ini harus bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) minimal 20% siswa dengan rincian 10 % diterima jalur SNMPTN, dan 10% lagi diterima dari jalur SBMPTN dan Ujian mandiri,”pungkasnya. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top