Indonesia English
Minggu, 29 Maret 2020 |
Ekonomi dan Bisnis

4000 Hektar Kebun Kelapa Sawit di Lebak Perlu Peremajaan

Selasa, 27 September 2016 16:36:39 wib - Komentar
Buah Sawit.

LEBAK,(Banten88.com): Sedikitnya 4000 hektar lahan perkebunan  Kelapa Sawit di Kabupaten Lebak, Banten  harus diremajakan,mengingat umur tanaman kelapa sawit tersebut sudah 30 tahun. Sehingga peremajaan harus dilakukan karena kelapa sawit sudah tua dan sudah tidak bisa produktif, sehingga saat tiba waktu panen tidak bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan pagi para petani kelapa Sawit. Demikian dikatakan  Dr Ir Dedi Widayat praktisi kelapa sawit dalam seminar dan sosialisasi peremajaan kelapa sawit yang diselenggarakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Provinsi Banten di hotel Mutiara Rangkasbitung,selasa (27/9).

Menurut Dedi Widayat,  saat ini di Kabupaten Lebak petani Kelapa Sawit yang tersebar di seluruh Kecamatan seharusnya segera melakukan peremajaan pada Kelapa Sawit.
“Mayoritas Kelapa Sawit diseluruh perkebunan yang ada di Kabuaten Lebak sudah berumur lebih dari 30 tahun, dengan begitu para petani hendaknya segera melakukana peremajaan, agar hasil panen Kelapa Sawit bisa lebih produktif serta menghasilkan keuntungan yang maksimal,”kata Dedi.

Masih menurut Dedi, usia produktif  Kelapa Sawit idealnya berkisar sekitar 12 tahunan, karena dengan begitu hasil produksinya akan sesuai, dimana di usia tersebut bisa menghasilkan panen sebanyak 12 ton lebih perhektarnya. Hasil tersebut bisa menutup biaya produksi yang dikeluarkan oleh para petani.

Lanjut Dedi, pihaknya saat ini sedang memberikan pelatihan peremajaan kepada para petani Kelapa sawit selama lima hari dengan materi pelatihannya diberikan oleh berbagai narasumber yang berkualitas dari berbagai intansi,diantaranya,Dinas Hutbun, Unpad dan Perbank-kan."Pemberian materi dasar dasar peremajaan kelapa swit yang baik dan benar, mulai dari penebangan, pembersihan, pelobangan sampai dengan penanaman dan perawatan,"tandasnya.(eli)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top