Indonesia English
Rabu, 17 Juli 2019 |
Nasional

8 RUMAH DI PERUMAHAN CIGADUNG REGENCY KUNINGAN JABAR LONGSOR

Sabtu, 09 Februari 2019 17:37:10 wib - Komentar
8 RUMAH warga di Perumahan Cigadung Regency Kuningan Jabar yang bagian dapurnya ambrol karena longsor.

KUNINGAN (Banten88.com) :JUMAT (8/2/2019) kawasan Cigadung, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jabar, dilanda hujan dengan intensitas sedang sejak jam 5 sore hingga pukul 8 malam. Akibat hujan tsb, terdapat bagian dapur 8 rumah penduduk di Blok A Perumahan Cigadung Regency yang berlokasi di perbukitan Cigadung longsor dan seluruh atap dapur, bangunan bagian dapur serta peralatan masak dan seluruh barang - barang yang disimpan di dapur seperti mesin cuci, kompor gas ambruk berhamburan bersama lantai dapur dan terjun dari ketinggian 5 meter menimpa hamparan kebun warga yang berlokasi  dibawah perumahan tsb.

Salah seorang warga bernama Jaja yang bagian dapur rumahnya terbawa longsor kepada media cyber Banten88.com dengan nada sendu menuturkan, sebelum bagian dapur rumahnya ambruk dan longsor, ia mendengar suara kereteg...kereteg beberapa kali.

Tiba - tiba gubrag, terdengar suara keras amat mengagetkan. Ia melihat langsung dapur rumahnya dan 7 dapur rumah tetangganya secara spontan ambruk berserakan menimpa tanah warga yang lokasinya dibawah perumahan Cigadung Regency. HP milik jaja yang tersimpan didapur ikut jatuh kebawah.

Dalam pengamatan Banten88.com rumah Jaja bagian belakang kini gerowong (bolong besar) Tembok sisa - sisa dapur retak - retak. Jika pakai istilah orang Medan akan dikatakan " Ngeri kali awak nengoknya bagian belakang rumah Kang Jaja itu ". Kondisi rumah Jaja dan tetangganya memang sungguh memilukan.

Dan secara psikhologis, peristiwa " horor " Jumat sore kemarin itu, menimbulkan trauma yang mendalam. " Saya dan seluruh keluarga lari berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri saat melihat dapur rumah longsor dan tumpah kebawah. Untung tidak memakan korban jiwa ", urai Jaja lagi masih dengan nada pilu. Kepada media cyber Banten88.com, setelah peristiwa yang menakutkan itu terjadi, ia dan para tetangga yang mengalami musibah yang sama lalu menyampaikan peristiwa tersebut kepada salah seorang staf pemasaran perumahan Cigadung Regency bernama Agung yang tinggal di Blok B tak jauh dari kediaman Jaja.

Saat ini  (Sabtu 9/2/2019) kami sedang menunggu kedatangan tim management  Cigadung Regency dari Cianjur,"  tutur Jaja dengan wajah sendu. Lalu apa yang akan kang Jaja dkk minta jika terjadi dialog dengan management Cigadung Regency ? tanya Banten88.com. " Kami para korban longsor akan meminta kepada developer untuk membangun kembali dapur yang ambruk dan meminta agar pihak developer membangun benteng (tembok) yang kuat, sehingga peristiwa yang menakutkan ini tidak terjadi lagi," pinta Jaja yang juga mewakili para korban lainnya.

RAWAN LONGSOR

Kawasan Cigadung Regency terletak diperbukitan dengan jalan tanjakan yang tajam menukik. Berlokasi dijalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Majalengka. Disisi jalan tanjakan menukik tajam, jika mengambil dari arah Kadugede, Pemkab Kuningan sudah memberi tanda bahwa kawasan tersebut adalah kawasan longsor dan kawasan ini merupakan kawasan resapan air.

Terkait dengan tuntutan warga agar developer membangun kembali dapur penghuni yang ambrol dan membangun benteng kuat untuk melindungi sergapan longsor, kepada media cyber Banten88.com, Agung mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kepada direktur pengembang Cigadung Regency H.Adit yang berkantor pusat di Cianjur. " Saya ini kan cuma moderator. Seluruh permasalahan sudah saya laporkan ke pimpinan. Nanti terserah pimpinan solusinya seperti apa,"  jawab Agung.

Ia menambahkan, sebenarnya developer sudah lepas. Karena garansi bila terjadi kerusakan, waktunya hanya 3 bulan setelah akad kredit. Sedangkan rumah sudah berdiri sejak 2,5 tahun yang lalu," masih papar Agung. Namun demikian, beber ujar Agung, hari Senin kami akan ke BTN untuk mengetahui tata cara claim asuransi," ujarnya. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top