Indonesia English
Senin, 17 Desember 2018 |
Nasional

ABAH DONKING : KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI CIGUGUR SANGAT HARMONIS

Sabtu, 01 Desember 2018 06:02:57 wib - Komentar
TEKS FOTO : ABAH DONKING

KUNINGAN (Banten88.com) :" Saya seorang penganut Katholik tapi saya merasa aman dan nyaman karena hubungan kita dengan warga masyarakat yang beragama Islam dan agama lainnya terjalin sangat baik dan saling menghormati. Bahkan saya merasa dilindungi oleh saudara saya yang Muslim ". Demikian diungkapkan Abah Donking tokoh masyarakat Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat kepada media cyber Banten88.com (Jumat 30/11/2018).

Penegasan Abah Donking yang masa mudanya dikenal sebagai Jawara kawasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara ini menunjukan betapa harmonisnya hubungan antar pemeluk agama di Cigugur." Disini ada pemeluk agama Islam, Katholik, Kristen juga aliran kepercayaan. Namun kami disini hidup damai sudah berlangsung berpuluh - puluh tahun ", tambah Abah Donking yang dikenal sebagai pengusaha penambangan batu.

" Jika ada warga Katholik yang meninggal dunia, diumumkan berita duka tersebut melalui speaker di Masjid. Sedangkan jika ada warga Muslim yang meninggal, semua warga tanpa membedakan agama bahu membahu membantu keluarga yang sedang berduka ", tutur Abah lebih lanjut.

Sebagai warga Cigugur, urai Abah lebih lanjut, kebanggaan kami adalah bisa hidup rukun dan saling menghormati dengan pemeluk agama lain. " Semoga ini bisa dicontoh. Dan ini merupakan upaya kami yang sungguh - sungguh dalam merawat NKRI, Kebhinekaan dan Toleransi ", ungkap Abah Donking penuh semangat.

" Saya sebagai masyarakat, jika saya melihat ada rumah ibadah yang perlu perbaikan, kita perbaiki tanpa melihat yang perlu diperbaiki itu rumah ibadah agama apa. Abah Donking mengharapkan agar apa yang sudah dilakukan masyarakat Cigugur terkait dengan hubungan antar pemeluk agama yang harmonis, bisa menginspirasi seluruh masyarakat, sehingga kerukunan senantiasa bisa kita pelihara sejak yang lalu, hari ini dan dimasa mendatang. Demikian Abah Donking tokoh masyarakat Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

CINTA LINGKUNGAN

Abah Donking juga dikenal sebagai tokoh pemrakarsa penghijauan dikawasan Cipager Gunung Batu. Ia dengan cerdas memprediksi, kawasan gunung batu jika lingkungan tidak ditata secara komprehensif, maka struktur tanahnya akan mudah terpicu erosi. Oleh karena itu dengan kesadaran tinggi dan atas biaya sendiri, abah menanam ribuan pohon pinus yang kini tingginya rata - rata sudah mencapai 5 meter. Sehingga sepanjang mata memandang di dekat kawasan gunung batu yang tampak adalah pemandangan hijau segar dimusim hujan dan hijau teduh dikala kemarau.

Abah dikenal sosok yang " welas asih " menyayangi seluruh umat tanpa membedakan apa agamanya dan selalu berbagi rizki kepada yang membutuhkan dan yang memerlukan bantuan. " Saya tidak merasa berlebih. Tapi utamanya adalah rasa ihlas saat memberikan bantuan ", papar Abah Donking dengan rendah hati. (SS).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top