Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Pendidikan

Aber Buka Kegiatan FLS2N Kecamatan Cikande 2018

Rabu, 14 Februari 2018 11:27:17 wib - Komentar
Kabid Pembinaan sekolah dasar Disdikbud Kab. Serang Drs. H. Aber Nurhadi, M.Pd membuka kegiatan FLS2N Cikande, Rabu (14/2/2018). (Foto :Iman).

Serang, (Banten88.com):Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Drs. H. Aber Nurhadi, M.Pd membuka acara Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Lomba Literasi Nasional, Olimpiade Sains (OSN) dan Lomba Siswa Berprestasi Tingkat Kecamatan Cikande, tahun 2018.

Kegiatan ini diikuti 34 sekolah dasar se kecamatan Cikande dengan jumlah total peserta 986 anak. Untuk FLS2N mempertandingkan 15 cabang mata lomba, yakni PAI, Pidato Bahasa Indonesia, Membuat gambar bercerita, pantomim, kriya anyam, seni musik, pianika, menyanyi tunggal, tari kreasi baru, seni baca Al Qur’an, melukis, membatik, kolase, kerajinan tangan, Pildacil dan Pidato bahasa Jawa Serang dengan total peserta 612 orang.

Festival Lomba Literasi Nasional mempertandingkan 5 mata lomba yakni cipta syair, cipta pantun, baca puisi, menulis cerita pendek dan mendongeng dengan jumlah 170 orang. Olimpiade Sains Nasional mempertandingan 2 mata lomba dengan total peserta 136 orang dan siswa berprestasi diikuti 68 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (14/2/2018) yang menggunakan 3 lokasi yakni SDN Julang, SDN Sumur hejo dan SDN Kukun.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Cikande, H Nursain, MM.Pd, Camat Cikande, Drs Ajat Sudrajat, M.Si, anggota komisi III DPRD Kabupaten Serang Husein, perwakilan dari Polsek Cikande, Perwakilan dari Koramil Cikande, para kepala sekolah, para pengawas sekolah dasar, Para penilik dan seluruh peserta lomba dari masing-masing sekolah.

 

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Drs. H. Aber Nurhadi, M.Pd mengatakan kegiatan ini hendaknya bisa bermuara satu titik gol untuk menjadikan prestasi siswa Cikande menuju tingkat Kabupaten, provinsi maupun nasional. Mohon kepada seluruh juri untuk memberikan penilaian secara obyektif. Dan jangan jadikan anak-anak kita gagal dan kecewa sehingga dapat membunuh karakter mereka. Kita jangan berbicara bahwa anak kampung tidak bisa berprestasi, tetapi bagaimana prosesnya sehingga anak kita bisa meraih prestasi. Sedangkan jika belum dapat maka hendaknya intropeksi apa yang menjadi penyebab dan kekurangannya. Terutama bagi sekolah yang tergabung dalam gugus MMS jika berhasil menjadi juara umum akan dapat bonus.

Aber menambahkan pendidikan intelegensi anak itu penting namun pendidikan religi jauh lebih penting. Makanya kalau pagi anak hendaknya diajak untuk melakukan sholat duha. Mari kita bersama berlomba dalam kebaikan. Jadilah kepala sekolah yang semangat, inovatif dan demokratis bersama guru bekerja sama memajukan pendidikan.

“Menjaga kebersihan sangat penting. Jangan membuang sampah pada tempatnya tetapi buanglah sampah dengan tempatnya. Mohon kepala sekolah mengidentifikasi anak yang hafal Al Qur’an dan agar segera didaftarkan ke bagian kesiswaan untuk diajukan beasiswa penghapal Al Qur’an,”kata Aber.

Aber juga mengucapkan terima kasih kepada anggota komisi III DPRD Kabupaten Serang, Husein, dan usnsur Muspika kecamatan Cikande yang berkenan hadir dalam acara ini.

“Selamat bertanding dan semoga sukses. Dengan mengucap bismilah, kegiatan FLS2N, FLLN, OSN dan siswa berprestasi tingkat kecamatan Cikande, tahun 2018 secara resmi dibuka,”ujarnya.

Ketua panitia penyelenggara, Fatmawati, S.Pd mengatakan kegiatan ini mengambil tema mengembangkan potensi, kreativitas, penguatan iptek menuju Serang maju, sejahtera dan agamin bertujuan untuk memberikan wadah siswa berkreasi dengan menampilkan karya kreatif, inovatif. Menggali dan mengembangkan bakat serta minat peserta didik. Mengukur kompetensi peserta didik melalui pengalaman berani tampil yang baik. Memilih dan membimbing peserta didik terbaik untuk mempersiapkan lomba tingkat kabupaten Serang, provinsi Banten dan nasional.

“Acara ini dapat terlaksana karena dukungan dan usaha semua pihak. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami sebagai panitia mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan ini,”kata Fatmawati kepada Banten88.com usai acara pembukaan di SDN Julang, Kecamatan Cikande, Rabu (14/2/2018).

Fatmawati mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengedepankan semangat sportivitas yang tinggi, maka pelaksanaannya bersifat komperhensif, kompetitif dan obyektif sehingga akan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Iman.

KOMENTAR DISQUS :

Top