Indonesia English
Minggu, 25 Agustus 2019 |
Nasional - Ekonomi dan Bisnis

Akibat Kekeringan, Petani Banten Gagal Panen

Rabu, 29 Juli 2015 19:46:25 wib - Komentar
Lahan kekeringan di Banten semakin meluas.

Serang,(Banten88.com): Sekitar  8.311 ha luas  lahan pertanian di provinsi  Banten telah  mengalami kekeringan. Data ini berdasarkan hasil laporan dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Provinsi Banten. Dari hasil laporan tersebut ini menunjukkan bahwa, kemarau di Banten sudah mulai mengancam dan harus sesegera mungkin di carikan solusi. Demikian dikatakan Kabid Sarana Pengembangan Usaha dan Kelembagaan Tani Distanak Banten Dodi RW,kepada wartawan Rabu (29/7).

Dodi mengatakan,  persentasenya masih di bawah sepuluh persen  jika dikalikan total luas pertanian di Banten yang mencapai 128.699 hektare. Namun, jika tidak segera ditangani dengan serius, kekeringan bisa melampaui  puluhan ribu hectare.

Ditambahkan Dodi, lahan pertanian yang mengalami kekeringan terparah terjadi di Kabupaten Lebak seluas 2.923 hektare, disusul Kabupaten Pandeglang 2.689 hektare, Kabupaten Serang 2.201 hektare, Kota Serang 325 hektare, Kabupaten Tangerang 146 hektare, dan Kota Cilegon 27 hektare.

“Meskipun tingkat kekeringan tertinggi di Kabupaten Lebak, tapi lahan pertanian yang sudah mengalami gagal panen justru terjadi di Pandeglang dengan luas gagal panen  sekitar sepuluh hektare,” katanya.

Saat ini,lanjut Dodi, untuk mengantisipasi dampak kekeringan yang lebih luas, pihaknya langsung melakukan koordinasi secara intens dengan pemerintah kabupaten/kota. Sebab, meskipun setiap daerah mengalami kekeringan yang sama, tetapi membutuhkan penanganan yang berbeda.(Tonga).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top