Indonesia English
Rabu, 08 Februari 2023 |
Pendidikan

AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA & SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA DI MAN 1 KUNINGAN JABAR

Minggu, 10 Juli 2022 19:28:12 wib - Komentar
Teks foto : KEPALA Kemenag Kabupaten Kuningan Drs.H.Mujayin, M.Pd.I, Kasie Pendidikan Madrasah & Pengawas Madrasah Aliyah, Drs.H. Andi Rahmat serta Pimpinan MAN 1 Kuningan, H.Winarto, S.Pd, M.Pd beserta para peserta workshop.


Kuningan (Banten88.com) : MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim pada tahun ajaran 2022/2023 telah mengganti Kurikilum Prototipe menjadi Kurikulum Merdeka untuk jenjang TK, SD, SMP dan SMA.
Kurikulum Merdeka  menekankan pembelajaran peserta didik di sekolah, kebijakan mereka belajar menjadi langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya SDM unggul Indonesia yang memiliki profil Pelajar Pancasila.
IMPLEMENTASI
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan, Jawa Barat pada Rabu 6 Juli hingga Jumat 8 Juli 2022, bertempat di aula MAN 1 menyelenggarakan workshop tentang Aktualisasi Moderasi Beragama dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka.
Demikian diungkapkan moderator acara tersebut, Sidik Sundaya, S.Pd.I kepada media cyber Banten88.com Jumat (8 Juli 2022).

Masih urai Sidiq, workshop tersebut dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Drs.H.Mujayin M.Pd.I sekaligus memberikan pengantar dan arahan terkait Moderasi Beragama.
Tema workshop, masih papar Sidik adalah : Sadari Masa Berganti, Tantangan Kita Hadapi, Bergandeng Tangan Membangun Negeri.

Seperti dituturkan Kepala Kemenag Kuningan, Mujayin, agar guru mendapatkan pendalaman teori teknis terkait moderasi beragama dan pengenalan serta pemahaman kurikulum Merdeka Belajar.
Tentang Moderasi Beragama, urai Mujayin lebih lanjut, adalah cara pandang, sikap dan praktek beragama dalam kehidupan bersama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan.

Sementara itu, pimpinan MAN 1 Kuningan, H.Winarto, S.Pd, M.Pd menegaskan, para peserta hendaknya dapat mengikuti workshop ini dengan penuh semangat dan antusias agar kelak bisa mengimplementasikan Kurikilum Merdeka dengan baik.
Workshop dihadiri selain oleh Kepala Kemenag Kuningan, Drs.H.Mujayin, M.Pd.I, juga Pimpinan MAN 1 Kuningan, H.Winarto, S.Pd,M.Pd serta Kasie Pendidikan Madrasah & Pengawas Madrasah Aliyah Kemenag Kabupaten Kuningan, Drs.H. Andi Rahmat.
Workshop diikuti 67 peserta terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Kuningan.
Sedangkan Pemateri workshop adalah Kepala Kemenag Kuningan, Kasie Pendidikan Madrasah dan Pengawas Madrasah Aliyah serta dari Widia Iswara Balai Diklat Keagamaan Bandung.
KOMPETENSI KEAHLIAN
MAN 1 Kuningan tahun ajaran 2022/2023 akan menerima 300 peserta didik dengan kompetensi keahlian Reparasi Sepeda Motor, Ketrampilan Mengelas dan Tata Busana
MAN 1 Kuningan punya 3 jurusan yakni IPA, IPS dan KEAGAMAAN dengan
akreditasi A. Sekolah juga dilengkapi dengan Islamic Boarding School Daarul 'Ilmi. (SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top