Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Politik

Anggaran Pilgub Banten Capai Rp424 Miliar

Kamis, 11 Februari 2016 19:06:46 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com): Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengusulkan anggaran kepada Pemprov Banten sebesar Rp 424 miliar. Usulan penganggaran tersebut diperuntukan untuk  penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten (Pilgub) Banten tahun 2017 mendatang.

Rincian usulan dua lembaga penyelenggara Pilgub Banten tersebut, untuk KPU mengusulkan anggaran Rp299 miliar, dan Bawaslu sebesar Rp125 miliar.

 

Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna mengatakan, Untuk penyelenggaraan Pilgub Banten 2017, KPU Banten telah mengusulkan anggaran sebesar Rp299 miliar. Namun dari jumlah anggaran tersebut yang dialokasikan pada APBD tahun 2016 sesuai dengan Pergub Banten baru dialokasikan sebesar Rp150 miliar, artinya masih kekurangan sebesar Rp149 miliar.

“Kabarnya sisa kekurangan anggaran akan dialokasikan pada APBD perubahan di tahun 2016,” katanya ketika ditemui usai menghadiri rapat persiapan pelantikan dua kepala daerah terpilih di pendopo Gubernur Banten KP3B, Kota Serang, Kamis, (11/2).

 

Dijelaskan Agus, anggaran KPU tersebut diperuntukkan untuk kegiatan tahapan-tahapan pilgub sampai bulan September hingga Oktober seperti pemutakhiran data pemilih, pencalonan, sosialisasi, kampanye, pemungutan suara di TPS, rekapitulasi di PPS, PPK, KPU kabupaten/kota dan KPU provinsi, regulasi, serta biaya bermacam kebutuhan logistik.

“Karena peraturan KPUnya sampai saat ini belum turun. Karena kemungkinan untuk tahapan pilgub Banten sendiri akan dimulai antara bulan Maret, April, atau Mei. Sedangkan waktu pelaksanaan pencoblosan sendiri dilaksanakan pada bulan Februari 2017, bisa tanggal 8, 12, atau 15 Februari 2017,” terangnya.

 

Pada bagian lain, Ketua Bawaslu Provinsi Banten Pramono U Tantowi mengatakan, Bawaslu Provinsi Banten mengusulkan anggaran kepada Pemprov Banten untuk pelaksanaan Pilgub Banten 2017 sebesar Rp125 miliar, namun dari jumlah anggaran tersebut yang disiapkan Pemprov Banten pada pagu APBD 2016 baru dialokasikan dalam bentuk hibah sebesar Rp50 miliar. Sehingga masih kekurangan sekitar Rp75 miliar lagi.

“Kita sudah sampaikan usulan anggaran ini kepada Badan Anggaran DPRD Banten dan kita juga sudah ketemu dengan Ketua Komisi I DPRD Banten,”katanya.

Pramono mengaku, sejauh ini Bawaslu Banten juga belum bertemu dengan tim TAPD Pemprov Banten yang dalam hal ini diketuai oleh Sekda Banten terkait kekurangan anggaran tersebut. Apakah kekurangan anggaran tersebut dialokasikan pada APBD Perubahan tahun anggaran 2016 atau tidak.

“Kita belum tahu apakah skema penambahan anggaran Bawaslu dialokasikan oleh eksekutif maupun legislatif di anggaran perubahan, kita belum tahu,” ujar Pramono yang didampingi Komisioner Bawaslu Provinsi Banten Eka Satya Laksmana.

Menurut Pramono, pada prinsipnya Bawaslu tidak mempersoalkan anggaran yang disiapkan oleh Pemprov Banten untuk melaksanakan Pilgub Banten. Karena untuk memulai tahapan, jadwal, dan program Pilgub Banten, Bawaslu akan menyesuaikan dengan agenda KPU Banten.

“Kita akan menyesuaikan tahapan dengan KPU, karena KPU sendiri belum mengeluarkan PKPU-nya, jadi nanti kalau PKPU sudah dikeluarkan kita akan mengikuti,”terangnya.(PES).

KOMENTAR DISQUS :

Top