Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Hukum dan Kriminal

Angka Kecelakaan Tol Jakarta-Merak Tinggi

Rabu, 06 September 2017 17:47:09 wib - Komentar
Kepala Korlantas tol Induk Serang, Kompol Dasril Caniago.

Serang, (Banten88.com) - Banyaknya kecelakaan yang terjadi di Jalan bebas hambatan (Tol) Jakarta-Merak, lebih disebabkan karena banyaknya mobil yang sudah tua dan tidak layak pakai yang dipaksa membawa beban berlebih untuk  mengangkut muatan dalam  kecepatan yang berlebih. Dari data yang diperoleh tingkat kecelakaan yang terjadi di ruas jalan tol Jakarta-Merak kurun waktu Januari sampai  Agustus 2017 sebanyak 633.

Kepala Korlantas tol Induk Serang, Kompol Dasril Caniago mengatakan, selain karna muatan yang berlebih dan kecepatan tinggi, kecelakan yang terjadi di kondisi jalan yang lurus dan mulus. “Jalan lurus justru banyak terjadi kecelakaannya, sebab  jalan yang ada sekarang ini kan sudah beda dengan yang dulu, sudah mulus, pengendara kelelahan, ngantuk, dan juga karena kelebihan muatan dengan kondisi kendaraan yang tidak memungkinkan,“ ujarnya. (6/9).

Dikatakan Dasril, kecelakaan yang banyak terjadi di wilayahnya, di dominasi karna factor human error yang banyak terjadi di titik rawan seperti kilometer 53 sampai dengan 68. Waktu laka biasanya terjadi di kisaran pukul 03.00 menjelang subuh. “Kisaran waktunya subuh biasanya, ada waktu-waktunya mengantuk,” katanya.

 Dasri juga menambahkan mereka kelelahan ngantuk, itu di kisaran. ”Karena muatan berlebih kondisi kendaraan juga tidak memungkinkan banyak nya kecelakaan terjadi berawal dari patah nya AS dan pecahnya ban,” urainya.

Untuk meminimalisir banyaknya kecelakan sambung Dasril, pihaknya kini tengah mengupayakan untuk melakukan patroli secara teratur dan kontinyu di titik rawan kecelakaan. “Kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya angka kecelakaan di wilayah kita ada penurunan, kita tetap berusaha meminimalisir terus angka kecelakaannya,” imbuhnya. (Faiz)

KOMENTAR DISQUS :

Top