Indonesia English
Kamis, 19 April 2018 |
Ekonomi dan Bisnis

Angkat Desa Tertinggal, Dewi Rano Blusukan ke Cibeber

Kamis, 19 November 2015 17:28:09 wib - Komentar
Dewi Indriati Rano.

Lebak,(Banten88.com): Dewi Indriarti Rano Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten mengatakan, program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera  (P2WKSS) bertujuan mengangkat desa tertinggal agar lebih meningkat kesejahteraannya melalui peranan kaum wanita. Kesejahteraan masyarakat bisa cepat meningkat apabila terdapat peranan besar kaum wanita di desa, termasuk pemberdayaan masyarakat.

“Empat strategi dasar yang telah ditetapkan dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu pemberdayaan masyarakat, program perlindungan sosial, peningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar dan pembangunan yang inklusif.” Kata Dewi saat memberikan arahan dan kunjungan Ketua TP PKK beserta Tim Penilai P2WKS di Desa Kujang Jaya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Rabu (19/11).

Dewi juga mengatakan, peranan kaum wanita melalui kegiatan kelompok usaha ini memberikan penghasilan tambahan bagi meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga.

"Tujuan pelaksanaan program terpadu P2WKSS ini diantaranya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan khususnya pemberdayaan ekonomi perempuan dalam mempertahankan kesejahteraan keluarga," kata Dewi Rano.

Ia juga melanjutan, program P2WKSS juga dapat melaksanakan program kegiatan secara terpadu dan terintegrasi di semua sektor baik pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat lainnya. Dan terpenting program ini dapat menurunkan angka kemiskinan di setiap desa maupun kelurahan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat yang tertinggal.

"Pemprov Banten telah menurunkan rasio penduduk miskin sampai dengan 5,85 persen (sumber data susenas 2011, BPS Provinsi Banten, rasio penduduk miskin tahun 2012). Hal ini menunjukan bahwa Provinsi Banten telah konsen terhadap penanggulangan kemiskinan sesuai  dengan target  Millennium Development Goals (MDGs) 2015 sebesar 7,5 persen.” Ujarnya.
 
Assisten Daerah IV Setda Kabupaten Lebak Tajudin mengatakan,    Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.

"Atas peningkatan peranan kaum wanita di Desa Kujang Jaya melalui program P2WKSS, maka desa ini terpilih mewakil Kabupaten Lebak pada lomba P2WKSS di tingkat Provinsi Banten tahun  2015. Mudah-mudahan menang, tapi kalo menang harus dipelihara dengan baik," kata Tajudin.

Usai memberikan sambutannya, Ketua Tim PKK Provinsi Banten didampingi Ketua Tim PKK Kab. Lebak memberikan simbolis bantuan pelayanan data kependudukan gratis seperti KTP, KK, akte kelahiran  bagi warga setempat. Setelah itu dilanjut melakukan peninjaun beberapa titik lomba P2WKSS di desa setempat yang akan dilakukan penilaian oleh Tim PKK Provinsi. (Bima)

KOMENTAR DISQUS :

Top