Indonesia English
Senin, 25 Maret 2019 |
Pemerintahan

APEP KUSMARA : PENAMBALAN JALAN SUKAMULYA - CILEULEUY SELESAI DIKERJAKAN

Senin, 03 September 2018 22:05:32 wib - Komentar
Tampak jalan perbatasan Kelurahan Sukamulya dengan Desa Cileuleuy mulus setelah pengerjaan penambalan jalan .

KUNINGAN,(Banten88.com):PENAMBALAN jalan dilokasi Sukamulya - Cileuleuy diwilayah Kecamatan Cigugur - Kabupaten Kuningan Jabar, selesai dikerjakan. Demikian diungkapkan Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan, Apep Kusmara, SST, MT kepada media cyber Banten88.com Senin (3/9/2018).

Sebelum konfirmasi ke Kabid Binamarga, media cyber Banten88.com sudah re chek ke lapangan melihat langsung proses penambalan jalan. Informasi yang diperoleh media ini antara lain, lubang jalan yang ditambal total panjang 3,5 km. Sesuai Surat Perintah Kerja (SPK) dikerjakan mulai 22 Juni hingga 22 September 2018 oleh CV Eksa Daya dibiayai dengan Dana APBD Kabupaten Kuningan Rp.270 juta.

Seorang warga Desa Cileuleuy bernama Yudi (34) ketika dimintai tanggapannya terkait masalah penambalan jalan, ia mengatakan " Terimakasih ke Dinas PU Kabupaten Kuningan atas pelaksanaan penambalan jalan karena memang jalan depan rumah saya sudah banyak berlubang ",  tutur Yudi pada media cyber Banten88.com.

Selanjutnya kepada Kabid Binamarga, media cyber Banten88.com bertanya, apakah puas dengan mutu pekerjaan penambalan jalan Sukamulya - Cileuleuy kah ?. Apep menilai pekerjaan cukup baik. Ia menambahkan pekerjaan penambalan jalan Sukamulya - Cileuleuy bukan pekerjaan penunjukan langsung namun melalui proses tender. Dan jalur ini masuk kategori jalur mudik, tambah Apep lagi.

Banten88.com bertanya lagi, ada berapa paket pekerjaan penambalan jalan seluruhnya di Kabupaten Kuningan ?. " Seluruhnya ada 76 paket  saat ini proses sudah sampai tahap ketiga. Diperkirakan bulan Oktober semua pekerjaan sudah harus selesai ", jelas Kabid Binamarga ini.

Lalu bagaimana cara bapak bisa mengontrol seluruh pekerjaan dan menilai mutu pekerjaan para rekanan ?. " Terus terang pekerjaan di kantor cukup.padat. Namun kami dengan tim juga turun kelapangan. Karena dilapangan kami punya perpanjangan tangan antara lain PPTK, para kepala seksi dan staf. Merekalah yang melaporkan secara riil kondisi lapangan sehingga jika ada trouble kami segera bisa mengatasi " ungkap Apep Kusmara lebih lanjut.

Terkait dengan mutu pekerjaaan dilapangan apakah sudah sesuai dengan petunjuk teknis lapangan ?.Kabid Binamarga menegaskan " Semua proses dan hasil kerja dilapangan. Misalnya soal penambalan jalan pihak kami terbuka untuk diberi masukan. Misalnya ada masyarakat mengadu soal mutu pekerjaan rekanan. Kita akan chek lapangan. Jika benar ditemukan masalah, kita akan panggil rekanan yang mengerjakan pekerjaan tersebut karena ada waktu 6 bulan untuk pemeliharaan ", urai Apep Kusmara.

Apakah ada rekanan yang mutu pekerjaannya harus lebih ditingkatkan lagi ?. " Ada tapi sedikit sekali. Jika kondisi seperti ini kami temui maka sanksi yang kami berikan adalah tidak menandatangani berita acara penyelesaian proyek. Jika ini terjadi mereka tidak bisa melanjutkan proses penagihan akhirnya rugi sendiri. Namun demikian pihak kami tidak pernah mem " black list " rekanan. Mereka selalu kami bina agar bisa memperbaiki kesalahannya dan ditahun mendatang bisa meningkatkan mutu pekerjaannya ". Demikian Apep Kusmara, SST, MT Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan. (SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top