Indonesia English
Selasa, 06 Desember 2022 |
Pendidikan

Apresiasi, SMAN 1 Cikande Raih Akreditasi A

Rabu, 09 Oktober 2019 10:13:33 wib - Komentar

Serang(Banten88.Com): Prestasi besar atau hal-hal besar yang pernah ditorehkan dalam dunia pendidikan tidak lepas dari kebersamaan yang terjalin diantara seluruh warga sekolah. Kekompakan yang terus dibina oleh para guru SMA Negeri 1 Cikande untuk mengerjakan hal yang besar yang dicita-citakan telah berbuah dan memberi keberhasilan. Capaian yang luar biasa melalui kerja keras seluruh warga sekolah itu dibuktikan, tahun 2019 ini, dengan berhasilnya SMA Negeri 1 Cikande meraih predikat akreditasi A, dengan nilai akhir delapan komponen standar nasional pendidikan sebesarr 91. Melalui proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan program pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Provinsi Banten. Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cikande, Mulyadi, M.Pd saat ditemui wartawan  di ruang kerjanya, Rabu (9/10/2019).

Mulyadi mengatakan capaian akreditasi A yang diraih sekolah memiliki tujuan, fungsi dan manfaat yang positif terhadap peningkatan mutu sekolah. Tujuan tersebut antara lain memberikan informasi tentang kelayakan sekolah atau program yang dilaksanakan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Memberikan pengakuan peringkat kelayakan, memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP serta memberikan pertanggung jawaban kepada pemangku kepentingan (Stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Dikatakan Mulyadi, hasil akreditasi sekolah yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Provinsi Banten bermanfaat sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah. Sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi dan program sekolah.

“Capaian akreditasi A yang diraih sekolah menjadi motivasi agar terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif. Ini juga menjadi bahan informasi bagi sekolah untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga dan dana. Serta menjadi acuan bagi sekolah dalam mempertimbangkan kewenangan sekolah sebagai penyelenggara ujian nasional,”kata Mulyadi.

Bagi kepala sekolah, kata Mulyadi, akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah, kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah selama periode kepemimpinannya. Hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta anggaran pendapatan dan belanja sekolah.

Sedangkan bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah. Secara moral, guru senang bekerja di sekolah yang diakui sebagai sekolah bermutu.

“Bagi masyarakat dan khususnya orang tua siswa, predikat akreditasi A yang diraih sekolah menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang diberikan sekolah sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan orang tua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat terkait pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannnya,”kata Mulyadi.

Ditambahkan Mulyadi, hasil akreditasi, bagi peserta didik, mampu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang bermutu dari sertifikat akreditasi merupakan bukti bagi mereka mengikuti pendidikan di sekolah yang bermutu. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top