Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Nasional - Seputar Banten

ASDP Merak Kurang Antisipasi Hadapi Pemudik Jelang Natal & Tahun Baru

Kamis, 24 Desember 2015 15:18:17 wib - Komentar

Cilegon,(Banten88.com): PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesian Ferry Cabang Utama Merak nampaknya kurang antisipasi dalam menghadapi serbuan ribuan kendaraan pemudik dan angkutan barang pada libur Natal dan Tahun ini. Ribuan kendaraan pribadi dan truk yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera tertahan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, sejak Rabu (23/12) malam.

Selain menumpuk di areal Pelabuhan Meran, antrian kendaraan juga nampak mengular mulai dari jalur Cikuasa Atas hingga Tol Tangerang - Merak. Bahkan ekor antrian kendaraan sudah memasuki KM 96 atau sepanjang 3 km di dalam jalur tol. Petugas PJR Induk Serang dibantu patroli terus melakukan sistem buka tutup, bahkan mengalihkan arus kendaraan pribadi untuk keluar melalui gerbang tol Cilegon Barat.

"Penumpukan kendaraan mulai terjadi sejak, Rabu malam. Namun memasuki jalan tol pagi ini sekitar pukul 08.00," ungkap Kepala PJR Induk Serang Timur, Kompol Aditya GF Lubis, kepada poskotanews.com, Kamis (24/12).

Dikatakan Aditya, pihaknya tidak mengetahui penyebab terjadinya penumpukan kendaraan, hanya saja berdasarkan pantauan PJR, sejak dimulainya libur sekolah, volume kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung meningkat drastis. "Kemungkinan penumpukan karena volume kendaraan yang meningkat," kata Aditya.

Keterangan Kompol Aditya dibenarkan Humas PT ASDP Indonesian Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Utomo. Menurut Mario, serbuan kendaraan pada libur panjang sekolah dan Natal, yang akan menyeberang tidak dapat ditampung 27 kapal Roro yang dioperasikan. Selain melonjaknya arus kendaraan, penumpang, kondisi cuaca di perairan Merak juga buruk.

"Kondisi perairan berangin, tapi penumpukan kendaraan ini karena loncakan kendaraan. Kami berusaha waktu bongkar muat kapal dipercepat agar antrian segera terurai," kata Mario.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top