Indonesia English
Sabtu, 17 November 2018 |
Pendidikan

ASEP SUHENDAR : SISWA HARUS RAJIN BACA KARENA MEMBACA ADALAH KUNCI SEGALANYA

Selasa, 30 Oktober 2018 19:13:26 wib - Komentar
H.ASEP SUHENDAR, S.PD pendidik senior.

TANGERANG (Banten88.com) : SELURUH pelajar harus rajin baca buku karena membaca adalah kunci segalanya. Demikian diungkapkan pendidik senior Asep Suhendar, S.Pd alumni Unika Atmajaya Jakarta yang kini sebagai Kepala SDN 2 Rancagong, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

Gerakan Literasi di SDN 2 Rancagong dalam pengamatan media cyber berjalan masive (utuh dan padat). Gerakan ini dimaksudkan untuk mewujudkan kebiasaan membaca bagi seliruh peserta didik. Selasa (30/10/2018) media cyber Banten88.com mengunjungi SDN 2 Rancagong. Dihalaman sekolah terparkir mobil milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang. Bertepatan dengan waktu istirahat, mobil tersebut diserbu siswa dan siswi yang haus bacaan.

Siswa kelas VI A bernama Dimas Sastrawinata tampak membaca buku cetak. Media cyber Banten88.com bertanya kepada Dimas, buku apa yang kau Sukai ?. Ia menjawab buku tentang Matematika. Sementara Henny teman sekelas Dimas merasa senang dengan datangnya buku perpustakaan keliling. Ia paling senang membaca buku Bahasa Indonesia. Henny dara manis ini bercita - cita menjadi dokter. Sedangkan Lydia yang berparas menawan sangat menyukai Matematika dan Bahasa Inggris. Ia bercita - cita menjadi Polwan.

Bagi Intan Savitri siswi berwajah ayu ini sangat menyukai bacaan IPA dan IPS dan bercita - cita seperti rekannya Henny, ingin menjadi dokter. Baik Dimas, Henny, Lydia dan Intan siswa/siswi SDN 2 Rancagong menyampaikan kegembiraannya karena kepala sekolah mendatangkan mobil keliling perpustakaan. " Kami sungguh senang mobil Perpustakaan Keliling tiba disekolah, karena mengobati rasa haus bacaan berbagai ilmu pengetahuan ", tutur mereka kepada Banten88.com.

Sementara itu, Abdul Fatah petugas Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang yang berada di SDN 2 Rancagong, kepada media ini menjelaskan, terdapat 773 judul buku didalam mobil tersebut. Rinciannya 60% ilmu pengetahuan umum dan 40% buku anak - anak. Tidak semua buku tentang mata pelajaran tapi juga ada buku fiksi dan non fiksi, tambah Abdul Fatah. Banten88.com secara sekilas melihat judul buku antara lain : Memacu Pertumbuhan Gurame, Teknik Menjahit, Kumpulan Cerpen, Kamus Filsafat dlsb nya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Asep Suhendar tak mampu menyembunyikan rasa sukanya karena program Literasi yang ia bidani berjalan sesuai harapannya. Hanya saja pendidik senior ini berharap agar kedepan ada mobil Perpustakaan Keliling yang lebih besar dalam bentuk bus dan ada tendanya. Jadi siswa - siswi menjadi lebih nyaman saat membaca, terangnya pada Banten88.com.

"  Jenis buku yang disiapkan cukup beragam. Ada buku bagus tema Agama, bahasa Inggris, juga buku tentang bercocok tanam buah - buahan. Judul buku cukup komplit dan bermanfaat buat anak didik ", urai pendidik senior ini yang pernah menjadi koordinator lomba baca puisi dengan tema Kebudayaan dan Adat Daerah misalnya kisah tentang Malin Kundang ( Sumatera Barat), Sangkuriang (Jawa Barat) dll nya.

MENGAWAL SEKOLAH AMAN

Ditengah situasi kota besar yang mungkin saja kadang kurang aman dari gangguan. Sekolah yang dipimpin Asep Suhendar telah menerapkan zona Sekolah Aman yakni terjalinnya interaksi yang interaktif antara guru, siswa dan orang tua murid. " Zona sekolah aman bukan sesuatu yang baru, namun harus terus kita pelihara semangat untuk saling menjaga utamanya demi keselamatan anak didik ", urai Asep yang putra Sumedang Jabar ini.

Ia sangat merespons jika orang tua siswa menyampaikan keluhan karena ini tanda bahwa interaksi yang interaktif berjalan dengan baik disekolah ini. Siswa kelas 1 dan 2 diantar dan ditinggui orang tua dan siswa kelas 3 keatas dijemput orang rumah, paparnya.

PRESTASI SEKOLAH MEMBANGGAKAN

Sebagai Top Manager disekolah tsb, Asep menyatakan tidak mau muluk - muluk dalam meraih prestasi baik bidang Akademik, Olahraga dan Seni. " Target kami adalah menjadi juara untuk beberapa bidang saja. Namun justru dengan target tidak muluk, Alhamdulillah sekolah kami meraih beberapa prestasi tingkat kecamatan dan kabupaten.

Antara lain : Juara I lomba IPA dan Matematika tingkat Kecamatan Legok dan Juara I MTQ Hafidz Qur'an tingkat kecamatan.

Di bidang olahraga meraih juara II Tenis Meja tingkat Kabupaten Tangerang. Sedangkan dibidang seni musik juara II Pianika/Keyboard tingkat Kabupaten saat memainkan  memainkan instrumentalia dalam lagu " Jereh Bu Guru " atau Kata Bu Guru merupakan lagu daerah Banten ciptaan A.Syahri Aliman.

Agar tampil sebagai juara, pihak sekolah telah mendatangkan langsung guru musik dan vocal profesional untuk membimbing siswa siswi SDN 2 Rancagong. Demikian Asep Suhendar, pendidik senior pimpinan SDN 2 Rancagong, Legok, Kabupaten Tangerang. (SS)

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top