Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Ekonomi dan Bisnis

ASTRA Tol Tangerang-Merak Ciptakan Lingkungan Asri

Rabu, 29 Agustus 2018 18:21:54 wib - Komentar
Presiden Direktur PT. Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono bersama kadiv Hukum dan Humas Indah Permanasari melaksanakan kegiatan menanam pohon di simpang susun Cikande, Rabu (29/8/2018).

Serang,(Banten88.com): Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan asri di sepanjang ruas Jalan Tol Tangerang- Merak, PT.Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) mengadakan aksi penghijauan 2000 pohon. Secara simbolik menanam pohon Jacaranda setinggi 2 meter, sebanyak 10 pohon dilakukan di simpang susun Cikande, Rabu (29/8/2018).

Dalam acara ini, Presiden Direktur PT. Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono secara langsung melakukan penanaman pohon disampingi perwakilan manajemen bersama rekan-rekan jurnalis.

“Kami menyadari pentingnya berkomitmen dan peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga bisa menciptakan keasrian dan keindahan dengan terus menjaganya. Melalui penanaman pohon ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak berupaya meningkatkan pelestarian lingkungan sebagai bentuk pelayanan kepada pengguna jalan agar merasa nyaman saat melintas di Tol Tangerang-Merak,”kata Presiden Direktur PT. Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono.

Krist menambahkan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk implementasi tanggung jawab perusahaan sekaligus merupakan wujud komitmen ASTRA Tol Tangerang-Merak dan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol dalam mewuudkan lingkungan nyaman di sekitar ruas Tol Tangerang-Merak.

“Kegiatan penanaman pohon tujuan utamanya mengurangi gas CO2 dan kebisingan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor sebagai upaya kami dalam mengelola lingkungan agar kualitas udara tetap terjaga dengan baik. Melalui penanaman khususnya mengisi dan memanfaatkan space lahan terbuka yang masih kososng dalam menciptakan jalur hijau di sepanjang ruang milik jalan (Rumija) Tol Tangerang-Merak. Yang akan berdampak positif pada masyarakat sekitar yang tinggal berdampingan dengan jalan tol. Kegiatan penghijauan ini selaras dengan program yang dicanangkan pemerintah dan PT. ASTRA Internasional Tbk sebagai induk perusahaan,”lanjut Krist.

Di tahun 2018, ASTRA Tol Tangerang-Merak menargetkan sebanyak 2.000 pohondalam program penghijauan setelah ditahun sebelumnya merampungkan 3.630 pohon dari target 2.000 pohon. Pada tahun 2017, penanaman dilakukan di lokasi rumija tol dengan menanamkan jenis pohon Mahoni (Swietenia Majagoni), pohon Jacaranda (Botanical name) dan pohon bambu Jepang (Bamboo sp). Selain itu juga sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, ASTRA Tol Tangerang-Merak membagikan pohon kepada pengguna jalan dan masyarakat sekitar jalan tol dan melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah dasar binaan kecamatan Cikande dan kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Dengan rangkaian penghijauan yang telah dilakukan sejak tahun 2010 sampai saat ini total sebanyak 80.891 pohon telah ditanam oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak.

Penanaman pohon di sepanjang jalan tol mampu menurunkan pencemaran udara dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor dan menjaga iklim makro karena menyediakan oksiden di sepanjang tahun. Selain manfaat tersebut diharapkan dapat menjadi pemecah hempasan angin yang berbahaya bagi pengendara yang melintas di To Tangerang-Merak sehingga dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyaman. (iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top