Indonesia English
Rabu, 26 September 2018 |
Seputar Banten

ASTRA Tol Tangerang-Merak, Siapkan Layanan Lebaran 2018 dan Dukung Wisata Banten

Jumat, 25 Mei 2018 05:58:18 wib - Komentar
“ASTRA Tol Tangerang-Merak Siapkan Layanan Lebaran 2018 dan Dukung Wisata Banten” di Kantor Operasional Ciujung (24/5/2018). (Foto :Iman).

Serang,(Banten88.com): Sebagai upaya peningkatan layanan dan informasi bagi pengguna jalan tol dalam menghadapi arus mudik dan balik serta liburan Lebaran 1439 H/2018, PT Marga Mandalasakti menggelar kegiatan press conference bertema “ASTRA Tol Tangerang-Merak Siapkan Layanan Lebaran 2018 dan Dukung Wisata Banten” di Kantor Operasional Ciujung (24/5/2018).

Dalam kesempatan ini ASTRA Tol Tangerang-Merak menghadirkan Dinas Pariwisata Provinsi Banten sebagai bagian dari wujud dukungan terhadap pesona wisata Banten yang ramai dikunjungi pada momen libur lebaran. Agar koordinasi dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan layanan lebaran semakin kondusif, turut berpartisipasi dalam acara ini Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Perhubungan Provinsi Banten serta Kepolisian Daerah Banten.

ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada periode arus mudik tahun ini sebesar 5,6% dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2017. Diprediksi akan ada 163.758 kendaraan menggunakan Tol Tangerang-Merak di hari puncak arus mudik, meningkat dari 151.808 kendaraan di puncak mudik tahun lalu, serta mengalami peningkatan sebesar 19,4% bila dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian saat ini yang berada di kisaran 137.171 kendaraan. Total arus kendaraan periode H-7 s.d. H+7 lebaran adalah sebanyak 2 juta lebih kendaraan dengan puncak arus mudik dimulai H-7 dan H-3 lebaran serta arus wisata H+2 sampai dengan H+7. Sedangkan puncak arus balik pada H+7 tepatnya tanggal 22 Juni 2018 dan H+8 yaitu tanggal 24 Juni 2018. ASTRA Tol Tangerang-Merak telah menyiapkan dua program utama untuk Lebaran tahun ini, yaitu Lebaran 2018: Mudik Aman dan Berkesan, dan Ayo Ke Banten: Silaturahmi Sembari Wisata di Banten 

“Momen libur Lebaran ini juga dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk liburan bersama keluarga, saling bersilaturhami sembari mengunjungi destinasi wisata berupa obyek wisata religi, budaya dan sejarah, taman hiburan, wisata bahari maupun kuliner. Kami memprediksi sebanyak 2 juta lebih kendaraan yang melintasi Tol Tangerang-Merak pada periode arus mudik dan balik, dan diantaranya adalah para wisatawan. Kami siapkan lajur ke-empat dari Bitung sampai dengan Balaraja Barat untuk mudik dan liburan, tentu dengan harapan dapat turut memberikan dukungan terhadap pengembangan pesona wisata Banten.

“Tagar #Lebaran2018:MudikAmanDanNyaman, #AyokeBanten:SilaturahmiSembariWisataDiBanten” mohon diviralkan di berbagai media untuk memperluas sosialisasi kedua program tersebut,” jelas Krist Ade Sudiyono, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti.

Pada arus mudik tahun ini, berbagai peningkatan layanan telah disiapkan bagi pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak, baik dari segi layanan transaksi, manajemen lalu lintas, sosialisasi informasi, posko pelayanan siaga juga layanan peningkatan infrastruktur jalan.

“Sebagai langkah antisipatif sebelum menghadapi kepadatan lalu lintas, kami telah mengawali pekerjaan penambahan lajur ke-4 Tol Tangerang-Merak, yang sudah rampung mulai dari KM 26+039 Bitung hingga KM 31+500 Cikupa dan di awal tahun ini juga sudah dilakukan pekerjaan penambahan lajur ke-4 mulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja Barat KM 39+200, sepanjang 7,3 km ini siap untuk melayani arus mudik pada H-10 Lebaran ini,” kata Krist.

Demi menjaga kelancaran dalam bertransaksi, dihimbau untuk selalu memperhatikan jumlah saldo yang mencukupi dan selalu menggunakan kartu uang elektronik yang sama pada saat bertransaksi di gerbang masuk dan keluar Jalan Tol Tangerang-Merak.

Kelancaran perjalanan pengguna jalan selalu menjadi prioritas, untuk mendukung hal itu ASTRA Tol Tangerang-Merak juga telah melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan secara periodik dengan melakukan kegiatan pelapisan ulang jalan menggunakan aspal (overlay) sepanjang 18,64 km. Saat arus mudik dan balik Lebaran, peningkatan kapasitas transaksi dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak dengan memaksimalkan operasional 89 gardu reguler yang terdapat pada 10 Gerbang Tol terdiri atas 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem dengan komposisi Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 23 gardu terdiri atas 12 Gardu Entrance, 9 Gardu Exit dan 2 Gardu Ramp.

Untuk kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan kami memastikan kondisi umum jalan tol pada H-10 s.d H+10 terbebas dari perambuan dan peralatan kerja perbaikan jalan tol sehingga Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak sepanjang 144 KM arah Merak dan arah Jakarta dalam kondisi baik dan aman untuk dilalui,”kata Krist.

 

Berbagai persiapan manajemen lalu lintas yang dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam upaya menangani kepadatan arus mudik dan balik serta liburan diantaranya sebagai berikut:

a. Jika terjadi antrean di Merak maka akan dilakukan penampungan kendaraan di jalan Cikuasa sampai pertigaan akses Tol Merak. Transaksi gardu exit Gerbang Tol Merak dihentikan sementara (buka-tutup) dan akan dibuka kembali saat jalan Cikuasa bisa menampung kembali. Pengguna jalan tol dihimbau untuk istirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 43 dan KM 68 arah Merak, dan kendaraan disortir untuk dialihkan keluar ke Gerbang Cilegon Timur atau Cilegon Barat.

  • Jika terjadi antrean ke Cilegon Timur maka akan dilakukan pengalihan sebagian kendaraan ke Gerbang Cilegon Barat.
  • Jika terjadi antrean di Gerbang Serang Timur maka akan dilakukan pengalihan sebagian kendaraan ke Gerbang Serang Barat.

Bila dalam kondisi diperlukan sistem lawan arus atau contraflow, petugas telah menyiapkan titik rencana contraflow yang diupayakan pengaturan pengalihan arus lalu lintas ke gerbang tol terdekat.

ASTRA Tol Tangerang-Merak juga siap menjalankan aturan pembatasan kendaraan berat sesuai dengan regulasi yang berlaku pada saat periode arus mudik dan balik di Ruas Tol Tangerang-Merak dengan ketentuan sebagai berikut:

1.      Pembatasan operasional mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg, sumbu 3 atau lebih, dan mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan.

2.      Pemberlakuan Pembatasan operasional mobil barang yang dibagi kedalam 2 periode waktu, yaitu:

    a. 12 Juni 2018 (H-3) pukul 00.00 WIB s.d 14 Juni 2018 (H-1) pukul 24.00 WIB; dan

    b. 22 Juni 2018 (H+6) pukul 00.00 WIB s.d 24 Juni 2018 (H+8) pukul 24.00 WIB.

Mendukung arus mudik lebaran sekaligus libur wisata Banten, sejumlah layanan pendukung telah disiapkan untuk melayani pengguna jalan antara lain 21 unit Variable Message Sign (VMS) dan 2 unit VMS mobile, 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 14 armada Derek, 3 unit armada Kamtib, 77 lampu peringatan (warning light), 4 unit alat timbang kendaraan (weigh in motion) yang berada di Gerbang Tol Cilegon Timur, Cilegon Barat, Serang Barat dan Cikande, 90 unit closed-circuit television (CCTV) yang terpasang di 45 titik di sepanjang ruas jalan tol dan 1.666 unit Penerangan Jalan Umum.

Tak ketinggalan, petugas Sentra Informasi Komunikasi (SIK) ASTRA Tol Tangerang-Merak siaga 24 jam dalam melayani pengguna jalan melalui call center di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79 dan akun media sosial @tol_mms. Melengkapi perjalanan mudik, Twitter resmi ASTRA Tol Tangerang-Merak ini juga bisa diakses melalui aplikasi Anavigo yang merupakan aplikasi navigasi perjalanan yang dikembangkan oleh AstraWorld untuk memberi kemudahan bagi pengguna ketika melakukan perjalanan. Salah satu fitur unggulannya adalah Traffic Report, akan memberikan informasi lalu lintas terkini di sepanjang rute perjalanan yang telah dipilih dan pengguna juga dapat saling berbagi informasi lalu lintas.

Optimalisasi 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang ada di KM 43 dan KM 68 arah Merak serta KM 68 dan KM 45 arah Jakarta juga dilakukan dengan fasilitas dan layanan terdiri dari pengisian ulang (top up) uang elektronik, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), tempat makan, area parkir, anjungan tunai mandiri (ATM), masjid dan toilet umum serta penambahan toilet portable. Dilengkapi juga dengan lampu penerangan jalan umum, kamera pantau dan petugas patroli keamanan. ASTRA Tol Tangerang-Merak juga telah menyiapkan Pos Siaga ASTRA pada H-6 s.d H2 atau 9 s.d.16 Juni 2018 di TIP KM 68 arah Jakarta. Posko Kesehatan dilengkapi dengan petugas medis dan unit ambulan, akan menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis pada H-7 s.d. H+7 atau 8 Juni s.d. 23 Juni 2018 di TIP KM 68 arah Merak dan Jakarta. Tersedia pula layanan pusat informasi mudik dan wisata Banten di TIP KM 43 arah Merak pada 4 s.d. 14 Juni 2018 dan TIP KM 68 arah Jakarta pada 16 s.d. 24 Juni 2018. Selain itu juga tersedia penjualan tiket ASDP Merak di TIP KM 43 arah Merak.

Melengkapi layanan pada bulan puasa, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga membagikan takjil atau makanan pembuka kepada pengguna jalan di Gerbang Tol Cikupa, Balaraja Barat, Ciujung dan Serang Timur serta Merak pada saat jelang buka puasa selama 14 (empat belas) hari yaitu 7 hari di awal bulan Ramadhan dan 7 hari menjelang hari raya Idul Fitri.

Diharapkan dengan rangkaian layanan Lebaran 2018 ini, dapat memberikan pelayanan yang optimal dan berkesan kepada pengguna jalan agar senantiasa tertib berkendara demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan bersama sehingga para pemudik dan pengunjung wisata Banten dapat menikmati momen Lebaran dengan bahagia bersama keluarga tercinta. (Iman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top