Indonesia English
Selasa, 25 Juni 2019 |
Kesehatan

Aturan Konsumsi Yoghurt Bagi Penderita Maag

Kamis, 14 Desember 2017 11:24:30 wib - Komentar
Ilustrasi Yoghurt, (Photo : Pixabay/PublicDomainImages)

(Banten88.com): Meski yoghurt dianggap makanan sehat, rasanya yang asam seringkali dikhawatirkan bagi penderita maag. Walau demikian, penderita maag sebenarnya masih tetap bisa mengonsumsi yoghurt.

Tapi, menurut ahli gizi Emilia Achmadi, harus dikenali dahulu masalah maag yang diderita. Gangguan pencernaan ada dua tipe, yakni gangguan pencernaan biasa dan akut (ulcer atau maag).

"Kalau akut, biasanya terjadi luka yang disebabkan bakteri patogen sehingga harus diobati dengan antibiotik," ujar Emilia saat ditemui VIVA di Jakarta.

Bagi penderita maag jenis ini, mengonsumsi yoghurt tidaklah membantu. Sementara bagi penderita gangguan pencernaan biasa, masih bisa mengambil manfaat yoghurt.

"Tapi saya menyarankan konsumsi yoghurt kalau sudah makan makanan padat. Kalau makan dalam keadaan perut kosong akan memicu asam lambung lebih lagi, jadi tidak menyelesaikan masalah," imbuhnya.

Emilia melanjutkan, sebaiknya yoghurt yang dipilih adalah yoghurt varian original. Yoghurt ini dinilai lebih efektif bagi penderita gangguan pencernaan dengan asam lambung berlebih.

"Berapa banyak yang dikonsumsi? Idealnya satu porsi adalah 125 gram," tutup Emilia. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top