Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Ekonomi dan Bisnis

Banten Gali Potensi Investasi Lewat Produk Unggulan Daerah

Kamis, 15 September 2016 19:33:34 wib - Komentar
Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Banten saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi Teknis Pemutakhiran Data Peluang Potensi Sektoral BKPMPT Provinsi Banten, di Kabupaten Pandeglang.

SERANG,(Banten88.com):Untuk menggenjot perekonomian daerah, pemerintah kabupaten/kota di Banten harus melakukan pemetaan potensi unggulan pada daerahnya masing-masing. Potensi unggulan daerah harus mampu mendongkrak perekonomian daerah yang juga berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya. Ada banyak potensi unggul yang bisa dikembangkan di Kabupaten Pandeglang, diantaranya sektor maritim, pertanian, dan pariwisata. Demikian dikatakan Deden Indrawan  Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Banten saat menyampaikan sambutan pada Rapat Koordinasi Teknis Pemutakhiran Data Peluang Potensi Sektoral BKPMPT Provinsi Banten, di Kabupaten Pandeglang.

Deden menambahkan, pemberdayaan usaha ekonomi menengah juga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu, kata Deden pada saat  membacakan sambutan Kepala BKPMPT Provinsi Banten, keberadaan Usaha Kecil Menengah (UKM) perlu mendapat dukungan pemerintah daerah setempat.

Melalui pertemuan pemutakhiran data peluang penanaman modal tersebut, diharapkan instansi terkait dapat menyajikan data faktual terkait potensi unggulan daerah yang berpotensi menarik investor. “Sinergitas antar instansi sangat diperlukan dalam menyajikan data potensi wilayah, termasuk peluang usaha apa saja yang bisa dilakukan oleh masyarakat (UKM) dengan mengangkat produk unggulan lokal,” katanya.

Sementara itu, Asisten Daerah (Asda) Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar yang ditunjuk sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Pandeglang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah berupaya agar sektor startegis seperti kemaritiman, pertanian, dan pariwisata mampu menjadi magnet bagi investor.

Sebagai daerah yang memiliki sumberdaya alam melimpah, Iskandar telah mensosialisasikan pada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam agar keseimbangan alam tetap terjaga.

“Pandeglang terkenal dengan destinasi wisata alamnya, termasuk pasokan air dari pegunungan yang melimpah. Kita sedang merumuskan agar kelestarian tetap terjaga, pembangunan tetap berjalan,” katanya. Pada pertemuan itu, Iskandar juga menyampaikan potensi disektor kuliner yang dinilai mampu membawa daya tarik bagi wisatawan. (AZM).

KOMENTAR DISQUS :

Top