Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Seputar Banten

Berawal Kasus Engeline, Banten Bentuk Tim Pengawas Pengadopsian Anak

Rabu, 01 Juli 2015 16:25:09 wib - Komentar
Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nandy S Mulya.

SERANG, (Banten88.com):Dinas Sosial Provinsi Banten bersama Dinas Sosial Kabupaten Kota, menggelar Kampanye Perlindungan Anak dalam rangka One Day For Children, di Hotel Ledian Kota Serang, Banten. Rabu (1/7/2015). Dalam Kampanye Anak yang mengangkat tema "jangan terulang kasus Engeline", dibuka oleh Asisten Daerah II Provinsi Banten Iing Suwargi. Dalam sambutannya, Iing Suwargi mengatakan,  kekerasan terhadap anak saat ini sangat rentan karena adanya faktor ekonomi yang sangat berpengaruh.

"Jangan sampai kasus Engeline terulang di Banten. Seperti kita ketahui, kasus tersebut terjadi karena faktor ekonomi. Di sini peran pemerintah penting untuk mengantisipasi adanya kekerasan karena faktor ekonomi," kata Iing.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nandy S Mulya, kekerasan terhadap anak memang terjadi karena adanya kesalahan dalam pengadopsian anak. "Kita lihat Angeline itu kan karena adanya kesalahan dalam pengadopsian. Kasus tersebut berawal dari orang tua yang tidak mampu membayar biaya persalinan. Sehinga memberikan peluang terhadap orang lain untuk memberi bantuan biaya persalinan. Nah ini yang harus dilakukan pengawasan," kata Nandy.

Ia juga menambahkan, di Banten masih juga ditemukan ribuan anak jalanan atau anak tidak mampu. Untuk mengurangi adanya kejahatan dan kekerasan terhadap anak di Banten, pihaknya mengaku sudah membentuk tim pengawas pengadopsian anak.

"Tim ini nantinya akan mengawasi bahkan ada survey kepada keluarga yang hendak mengadopsi anak tersebut layak dan memang tidak kekurangan ekonomi. Dan ini akan dilakukan pengawasan selama enam bulan," pungkasnya. (YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top