Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Ekonomi dan Bisnis

Biro Ekbang Banten Klaim Hemat Dana Rp 66 Miliar

Rabu, 10 Agustus 2016 19:16:16 wib - Komentar
Ilustrasi mata uang rupiah.

SERANG,(Banten88.com): Kepala Biro Ekbang Banten Mahdani  mengatakan, hingga Juli tahun 2016, pemprov  Banten mengaku telah menyelamatkan uang APBD sebesar Rp66, 010 miliar. Dana tersebut berasal dari penghematan ratusan kegiatan atau proyek pekerjaan konstruksi.

Berdasarkan hasil evaluasi Triwulan II APBD Banten tahun anggaran 2016, hasil rekapitulasi pengadaan barang atau jasa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sampai dengan Juli, dari rotal rencana sebanyak 777 paket, terdapat usulan lelang di ULP hanya 461 paket, yang terdiri dari paket sudah selesai 366, dan sedang berproses 97. Dan yang belum diusulkan masih ada 316 paket lagi.  Dari total paket yang sudah selesai, uang yang dapat diselamatkan sebesar Rp66, 010 miliar atau 12,3 persen dari pagu anggaran sekitar Rp600 miliar.

Ditambahkan Mahdani, dari 366 paket pekerjaan yang telah selesai proses di ULP. Menurutnya, penghematan angaran sebanyak Rp66 miliar lebih tersebut didapat dari paket-paket fisik yang nilianya lebih kecil dari pagu anggaran.   "Kita dapatkan angka itu dari efisiensi proyek kegiatan sekitar 300 paket lebih, dan sampai sekarang masih banyak paket yang sedang berproses dan belum diusulkan oleh masing-masing SKPD," lanjut Mahdani.

Menurut Mahdani, masih sangat dimungkinkan adanya efisiensi APBD puluhan miliar lagi dari paket-paket pekerjaan yang ada dimasing-masing SKPD menginggat masih banyak lagi pekerjaan masih berproses. "Saya rasa masih ada efisiensi lagi kedepannya," ungkapnya.

Senada diungkapkan Ketua ULP yang juga Kabid Pengendalian Pembangunan pada Biro Ekbang, Ardius Prihantono. Menurut dia, jika dilihat dari ratusan paket yang belum masuk dan sedang berproses di ULP, efisiensi anggaran masih sangat dimungkinkan.

Ardi menambahkan, untuk tahun 2016 ini total paket rencana umum pengadaan (RUP) barang dan jasa sebanyak 8. 080 paket dengan rincian paket 6.5453, paket swakelola 1. 638. "Banyak yang berproses dan paket diusulkan," ungkapnya.

Masih menurut dia, saat ini ada tiga paket pekerjaan strategis uang masih dalam proses dengan nilia total hampir Rp200 miliar. "Berdasarkan hasil monitoring pembangunan yang dilakukan pada triwulan II, terdapat tiga paket strategis, dengan realisasi bervariasi," ujarnya.

Tiga paket pekerjaan strategis. Pertama, pembangunan jalan Pakupatan - Palima dengan nilai kontrak Rp160,9 miliar dengan progres realisasi 24,14 persen. Kedua, pembangunan jalan provinsi ruas jalan Cipanas -Warung Banten dengan nilai kontrak Rp24,749 miliar dan progresnya baru 0,14 persen.   "Paket yang ketiga, peningkatan jalan provinsi ruas jalan Lopang-Banten Lama dengan nilai kontrak Rp12,118 miliar, progres realisasi 1,73 persen," jelasnya.(ERN).

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top