Indonesia English
Selasa, 27 Oktober 2020 |
Pendidikan

Buku Perpustakaan SMPN 2 Jawilan Basah dan Kena Rayap

Senin, 21 September 2020 09:54:48 wib - Komentar
Koleksi buku perpustakaan SMPN 2 Jawilan basah dan kena rayap.

Serang (Banten88.com): Atap ruangan perpustakaan SMPN 2 Jawilan yang bocor membuat air hujan yang turun masuk ke ruangan. Akibatnya, koleksi ratusan buku yang berada di dalamnya basah. Selain itu ada sebagian buku yang berada di lantai di makan rayap. Antisipasi dari kejadian tersebut kepala sekolah beserta para guru bergotong royong memindahkan buku ruangan lainnya. Beberapa guru terlihat sedang mengangkat buku yang basar dan menjemur buku tersebut di lapangan sekolah. Hal tersebut dikatakan kepala UPT SMP Negeri 2 Jawilan, Hj. Otih Yulaeti Susanti kepada wartawan di sekolah (21/9).

Hj Otih menyebutkan ratusan buku yang basah diantaranya beberapa buku mata pelajaran revisi tahun 2014. Sedangkan buku yang dimakan rayab ada puluhan buku mata pelajaran revisi tahun 2018.

“Buku yang basah diangkut pakai gerobak dan dijemur di lapangan. Sedangkan buku yang dimakan rayap dibersihkan dari kotoran tanah yang menempel dan buku yang masih dalam keadaan baik dipindahkan ke ruang lain sebelah kamar mandi. Buku yang basah dan dimakan rayap kurang lebih jumlahnya 359 buku,”sebut Hj Otih.

Menurut Hj Otih sebenarnya perpustakaan yang dimiliki SMPN 2 Jawilan masih banyak kekurangan. Selain itu juga belum ada tenaga pustakawan yang bertugas secara penuh di perpustakaan. Setiap hari ada guru yang diberikan tugas untuk piket memantau dan jika ada buku yang rusak dipindahkan

“Memang ada buku yang tetapi sudah kita perbaiki dan yang basah sudah kita jemur. Tetapi kalau yang sudah rusak dimakan rayap kita pisahkan bagaimana pula cara memperbaikinya. Mungkin dimakan rayapnya malam tetapi buku tersebut masih bisa dibaca sebagian,”paparnya.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMPN 2 Jawilan, Riyanto berharap ada bantuan rehab dari Pemerintah Kabupaten untuk ruang perpustakaan di sekolah ini karena perpustakaan yang layak sehingga menimbulkan minta baca untuk siswa karena perpustakaannya nyaman. (Murjiman).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top