Indonesia English
Rabu, 24 Juli 2019 |
Kesehatan

Cara Ampuh Bikin Sayuran Hijau Tetap Segar

Minggu, 04 Desember 2016 11:49:24 wib - Komentar
Ilustrasi sayuran.

Banten88.com – Membuat salad tetap segar dan berwarna hijau bukan hal yang mudah. Namun, beberapa cara sederhana ini, mampu membuat daun dalam semangkuk salad terlihat hijau meski disimpan dalam waktu lama.

Banyak orang yang hanya menaruh bahan-bahan untuk salad di dalam plastik, ke lemari pendingin. Padahal, beberapa cara lain dan mudah, mampu membuat salad segar dalam waktu lama. Berikut beberapa cara sederhana buat salad tahan lama, dikutip dari laman Prevention.

1. Menggunakan handuk kecil

Cukup letakkan sayuran hijau di atas handuk kecil, kemudian dijejerkan masing-masing daunnya. Kemudian tutup dan sedikit memerasnya agar air yang terkandung, bisa terserap oleh handuk. Cara ini mampu membuat sayuran hijau bertahan dalam waktu dua hari tanpa dimasukkan ke dalam lemari es.

2. Kertas tissue dan kantung Ziplock

Letakkan sayuran hijau yang telah dicuci di atas kertas tissue, kemudian gulung dan gunakan kantung Ziplock untuk menyimpannya. Hal ini biasanya mampu mencegah datangnya udara untuk hinggap di sayuran hijau seperti kale. Cara ini ampuh membuat sayuran hijau bertahan hingga empat hari di dalam lemari es.

3. Kertas tissue bersama wadah tertutup

Kertas tissue mampu menyerap kelebihan cairan dari sayuran hijau, hal itu membuat kesegarannya tetap terjaga. Jadi, Anda bisa mencoba kertas tissue yang ditaruh di dalam wadah tertutup. Letakkan sayuran hijau terlebih dahulu di atas kertas tissue, kemudian tutup wadahnya dan masukkan ke dalam lemari es.

Biasanya, setelah enam hari, sayuran hijau akan semakin layu. Namun, jika mencoba mengganti kertas tissue secara rutin, mungkin saja bisa membuat sayuran hijau tetap segar dalam waktu lama.

4. Salad spinner

Setelah mencuci bersih sayuran hijau, taruh ke dalam salad spinner untuk membuang kelebihan air yang terkandung di dalamnya. Dengan cara ini, biasanya mampu bertahan selama satu minggu penuh.

Cara lain yang juga ampuh yaitu menggunakan air es agar membuat sayuran hijau kembali segar. Buang semua daun yang telah berwarna hijau, rendam di dalam air es selama satu menit dan tunggu perubahan warnanya kembali. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top