Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Seputar Banten

Cegah Tumpang Tindih, Banten Gelar Rakor Sinergitas Perencanaan

Rabu, 06 Mei 2015 18:27:28 wib - Komentar
Sekda Banten Buka Rakor Sinergitas

Tangerang,(Banten88.com):  Drs .Kurdi Matin Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Banten  membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor)  sinergitas perencanaan daerah dan nasional tahun 2016 di Hotel Istana Nelayan Tangerang, Banten. Rabu,(06/05).

Dalam sambutanya  Kurdi mengatakan, Rakor sinergitas perencanaan daerah dan nasional tahun 2016,sebagai bagian dari rangkaian system perencanaan pembangunan dan merupakan media komunikasi dan koordinasi dalam upaya sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan dalam kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Ditambahkan Kurdi Matin, perencanaan pembangunan daerah yang dilaksanakan pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota yang bersumber pendanaaanya berasal dari APBN dan APBD membutuhkan koordinasi dan sinergitas agar tidak terjadi tumpang tindih.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam pembangunan nasional menjadi kewajiban bersama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. sehingga di harapkan koordinasi ,komunikasi  dan sinergi kebijakan antara daerah dan pusat terus terjalin untuk menjaga momentum pembangunan di Provinsi Banten,”paparnya.

Selain itu juga Kurdi Matin berharap, kegiatan Rakor dapat terumuskannya proses pelaksanaan kegiatan pada  penganggaraan APBN di tahun 2016 dan terciptanya keselarasan program dan kegiatan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Inti dari bahasan dalam rapat sinergitas perencanaan daerah dan nasional tahun ini adalah kita semua dapat menyepakati, menyelaraskan dan menyatukan kegiatan pembangunan menjadi satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka meningkatkan kesejahtraan masyarakat khusunya di Provinsi Banten.

“Dengan Rakor ini peserta di harapkan dapat membahas semua kendala kendala yang di hadapi dalam perencanaan program kegiatan pemerintah sehinggga menghasilkan solusi, agar terciptanya program yang sinergi dan dapat dirasakan oleh masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu Ketua panitia Ahmad Rohili dalam laporanya mengatakan, rapat kordinasi sinergitas perencanaan daerah dan nasional tahun 2016,merupakan rangkaian dari proses perencanaan program pembangunan Provinsi Banten dalam bidang penataan ruang dan prasarana wilayah.

Menurut Rohili, untuk mendukung perencanaan dan pembangunan di Provinsi Banten, maka diperlukan suatu kesinambungan, keselarasan dan keterpaduan dalam pelaksanaannya sehinga didapat pembangunan yang lebih optimal dan terintegrasi antara seluruh pemangku kepentingan.

“Dengan rakor ini diharapkan memperoleh data dan informasi program/kegiatan yang dibiayai APBN sebagai bahan sinergitas dengan pusat dan daerah dan merealisasikan usulan program dan kegiatan yang disampaiakan oleh SKPD dengan isu starategis dalam dokumen RKPD yang sudah disepakati bersama,”harapnya.

Peserta dalam rakor ini meruapakan para stakeholder dalam bidang penataan ruang dan prasarana wilayah diantaranya yaitu dari DBMTR Banten, SDAP, Dishubkominfo dan Bappeda Kabupaten/Kota se ProvinsiBanten.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top