Indonesia English
Jumat, 04 Desember 2020 |
Pendidikan

CUCU ROJIKIN KEPALA SMPN 3 KUNINGAN : KETERBATASAN KEPEMILIKAN HP ANDROID & PASOKAN SINYAL TIDAK LANCAR KENDALA BELAJAR DARING

Minggu, 18 Oktober 2020 19:01:00 wib - Komentar
CUCU ROJIKIN, pimpinan SMPN 3 Kuningan, Jawa Barat.

Kuningan (Banten88.com) : CUCU ROJIKIN, pimpinan SMPN 3 Kuningan, Jawa Barat telah mengevaluasi proses belajar system Daring.

" Selaku pimpinan SMPN 3 Kuningan, saya evaluasi setiap minggu kepada seluruh guru. Dan setiap dua minggu sekali kami kumpulkan seluruh guru dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Evaluasi itu adalah sejauh mana tentang Daring. Bagaimana pelaksanaanya," tegas Cucu Rojikin.

Soal Daring masih tegas Cucu, kendalanya adalah keterbatasan kepemilikan HP berbasis teknologi Android di beberapa keluarga anak didik serta pasokan sinyal yang tidak lancar, urai Cucu lebih lanjut.

" Ada keluarga siswa yang hanya memiliki satu HP Android. Sedangkan yang belajar dengan system daring dikeluarga itu ada dua orang. Kakaknya di SMP dan adiknya di SD. Dua-duanya system belajarnya Daring semua. Sehingga tugas yang diberikan guru terkendala karena tugas itu baru bisa dijawab, keesokan harinya, alasannya HP sedang dipakai ibu atau ayah," masih tutur pimpinan SMPN 3 Kuningan ini dengan nada prihatin.

Untuk mengatasi kendala ini, papar Cucu lebih lanjut, saya telah perintahkan bagian Humas sekolah untuk mengantarkan soal kerumah. Jumlah keterbatasan kepemilikan HP Android memang tidak banyak, namun semua siswa harus mendapat pelayanan yang sama, tambah Cucu Rojikin.

Setelah saya teliti dengan seksama, kesulitan yang dialami anak didik memang berbeda-beda," paparnya.

Selain keterbatasan kepemilikan HP Android, faktor tidak lancarnya pasokan sinyal juga kendala. Karena anak didik utamanya diwilayah Cigugur ke atas misalnya daerah Cisantana, anak didik harus keluar rumah untuk mencari-cari sinyal.

PULSA DARI PEMERINTAH

Kendala lain soal belajar Daring adalah ketersediaan pulsa.  Masih urai Cucu, sebelum pemerintah membantu pulsa gratis untuk anak didik, tidak dipungkiri ada suara-suara yang memprihatinkan. Misal boro-boro buat beli pulsa, masih banyak kebutuhan lain yang harus diutamakan.

Cucu bersyukur ada pemberian pulsa gratis dari pemerintah sehingga sangat membantu para siswa/siswi. Bagaimana mekanisme anak didik memperoleh pulsa gratis dari pemerintah? tanya Banten88.com.

" Seluruh nomor HP anak didik diserahkan ke wali kelas. Sebelum diserahkan ke Dapodik, wali kelas mengecek dengan teliti nomor HP anak didik. Setelah fixs data nomor HP diserahkan ke Dapodik dan langsung dikirim ke Pusat. Selanjutnya pulsa masuk secara otomatis ke HP siswa/siswi," jelas pimpinan SMPN 3 Kuningan ini dengan nada senang.

SABAR HADAPI COVID 19.

Menghadapi mewabahnya virus Covid 19 ini, masih ujar Cucu, kita harus sabar. Jujur kami sudah rindu jumpa anak-anak, rindu belajar tatap muka tapi apa daya ? bebernya dengan sedih.

Oleh karena itu saya meminta kepada seluruh anak didik agar terus menjaga kesehatan. Rutin cuci tangan, disiplin dalam menggunakan masker dan jaga jarak. Taati dengan ketat protokol kesehatan. Demikian Cucu Rojikin, pimpinan SMPN 3 Kuningan, Jawa Barat. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top