Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Nasional - Peristiwa

Daftar Tunggu Ibadah Haji Banten Capai 20 Tahun

Selasa, 19 Juli 2016 19:29:04 wib - Komentar
Ilustrasi Ibadah Haji.

SERANG,(Banten88.com):Waiting List atau daftar tunggu ibadah haji di Banten sekitar 20 tahun lagi. Sehingga bagi masyarakat yang mendaftar haji di bulan Juli tahun 2016 harus bersabar. Karena kemungkinan mereka bisa berangkat ke Tanah Suci pada 2036 mendatang.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Banten H. Lukmanul Hakim mengatakan tingginya daftar tunggu haji di Banten ini karena animo masyarakat Banten untuk berangkat haji cukup tinggi. Sebab, berdasarkan data pendaftaran haji di Kementerian Agama, calon haji dari Provinsi Banten yang sudah mendapatkan nomor porsi pendaftaran haji hingga mencapai 128.884 orang, sedangkan kuota haji beberapa tahun ini untuk Provinsi Banten masih tetap sebesar 6.788 orang.

“Kuota Banten sebesar 6.788 ini telah diberlakukan sejak tahun 2013. Seharusnya kuota normal haji Banten itu sebesar 8.541 orang. Namun sejak tahun 2013 ada renovasi perluasan di Masjidil Haram sehingga pemerintah arab Saudi menerapkan pengurangan kuota haji sebesar 20 persen bagi Negara pengirim jamaah haji,” kata Lukman Hakim didampingi Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji pada Bidang Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Banten H. Seiko.

Menurut Lukman, saat ini ada aturan baru bagi pendaftaran pemberangkatan haji. Di mana Kementerian Agama akan memprioritaskan jamaah yang belum pernah berangkat haji. Sementara jamaah yang sudah pernah haji harus menunggu selama 10 tahun untuk melakukan pendaftaran. Kebijakan ini dalam rangka untuk memprioritaskan bagi yang belum berhaji. Aturan prioritas jamaah haji baru termaktub dalam Peraturan 

Menteri Agama No 29 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama No 14 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler. Pasal 3 ayat (4) mengatur bahwa Jamaah haji yang pernah menunaikan ibadah haji dapat melakukan pendaftaran haji setelah sepuluh tahun sejak menunaikan ibadah haji yang terakhir. 

“Mulai sekarang akan diberlakukan bagi setiap calon jamaah yang mendaftar tahun ini. Dan bagi yang sudah berhaji, maka paling cepat bisa berhaji lagi harus menunggu sepuluh tahun kemudian. Bahkan sudah ada beberapa masyarakat yang protes terkait aturan tersebut, namun setelah dijelaskan akhirnya mereka bisa memahaminya,” ujarnya.(YAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top