Indonesia English
Rabu, 03 Juni 2020 |
Peristiwa

Diduga Ada Pungli Dana Hibah, Belasan Massa Unjuk Rasa

Selasa, 14 Maret 2017 20:43:27 wib - Komentar
Belasan massa anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Organisasi Rakyat Anti Koruptor (Orator) menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati Lebak,selasa (14/3).

LEBAK,(Banten88.com):  Belasan massa anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Organisasi Rakyat Anti Koruptor (Orator) menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Bupati Lebak,selasa (14/3).  Pendemo menuding adanya Pungutan Liar (Pungli) dalam penyaluran dana hibah pondok pesantren (Ponpes) tahun 2016 diKabupaten Lebak.

Korlap aksi Imam Apriyana mengatakan, hasil investigasi Orator menemukan adanya pungutan liar yang dilakukan Kepala bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lebak kepada penerima bantuan sehingga dana yang diterima pondok pesantren tidak utuh. "Belun lagi penerimanya itu-itu saja tidak pernah melirik ponpes lain," kata Imam dalam orasinya.

Kabupaten Lebak memiliki banyak ponpes dan madrasah yang membutuhkan bantuan pemerintah Kabupaten. Namun, Menurutnya, faktanya penyaluran dana hibah hanya ponpes tertentu yang memiliki jaringan kepada pemerintah daerah saja.

"Kita minta Pemkab evaluasi kinerja Kabag Kesra dan kita sarankan pengajuan bantuan hibah Ponpes sebaiknya melalui sistem online agar tidak ada lagi unsur KKN,"katanya.

Sementara, Kabag Humas Setda Lebak, Eka Prasetiawan membantah tudingan dari pendemo. Berdasarkan pengakuan Kabag Kesra, kata dia, dirinya tidak pernah menerima jatah bantuan tersebut atau pun memotongnya.

"Tadi kita konfirmasi langsung pada Kabag Kesra yang bersangkutan tidak ada ditempat dan beliau membantah telah melakukan pemotongan," katanya.  "Kalaupun benar biarkan inspektorat yang bertindak," tambahnya.

Untuk diketahui dalam 1 tahun pemerintah Kabupaten Lebak menggelontorkan bantuan sebesar Rp. 2,5 Miliar untuk hibah Pondok pesantren dimana  setiap Pondok pesantren yang berada dibawah Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) setiap Ponpes mendapatkan Rp. 50 juta.(eli).

KOMENTAR DISQUS :

Top