Indonesia English
Selasa, 25 September 2018 |
Hukum dan Kriminal

Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten Ringkus 22 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 08 Agustus 2017 17:50:02 wib - Komentar
Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Juliat Permadi Wibowo, saat ekspose di Mapolda Banten, Selasa (8/8/2017).

Serang,(Banten88.com):  Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten  meringkus 22 tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.  Penangkapan ini dilakukan mulai 20 Juli hingga 7 Agustus kemarin dari berbagai tempat di Banten. Dari puluhan tersangka penyalahgunaan narkoba ini, Polisi mengamankan barang bukti sabu, ganja serta tembakau gorila.

"Dari 22 tersangka yang kita tahan, dua diantarannya adalah wanita. Penahannya kita titipkan di Lapas Serang karena ruang tahanan kami penuh," ungkap Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Juliat Permadi Wibowo, saat ekspose di Mapolda Banten, Selasa (8/8/2017).

Kombes Pol Juliat mengatakan, sampai saat ini pihaknya sudah menemukan 13 kasus penyalahgunaan narkoba. Para pelaku yang diamankan yaitu mereka yang ditangkap di wilayah Serang dan sekitarnya. Ia mengungkapkan, dari hasil pengungkapan tersebut, pihaknya menyita barang bukti berupa sabu seberat 6,72 gram, ganja 236 gram dan tembakau gorila 4,90 gram.

"Modus operandinya masih menggunakan cara lama, ada yang melalui medsos, transfer dan ketemu barang, ketiga adalah barang tersebut dimasukan kebarang yang lain, dari tiga cara ini yang sering digunakan transfer rekening dan letak barang, cara ini sangat mudah untuk menghilangkan jejak," terangnya.

Ia menjelaskan, para tersangka tersebut memiliki usia dan layar pendidikan yang berbeda-beda, mulai dari 16 tahun hingga 30 tahun. Sementara dari latar belakang pendidikan masih didominasi oleh lulusan SLTA, SD hanya 2 orang dan SLTP 6 orang.

"Dari pekerjaan didominasi oleh wiraswasta, pengangguran 5 orang dan ada ibu rumah tangga 1 orang yang menyalahgunakan narkoba, atas kelakuan itu, para tersangka dikenakan pasal 111, 112 dan 114 atau bahkan 127 UU nomor 35 tahun 2009 dan Permenkes tentang narkotika jenis baru, karena ada tembakau gorila juga," pungkasnya. (Faiz)

KOMENTAR DISQUS :

Top