Indonesia English
Senin, 08 Agustus 2022 |
Pendidikan

Disdikbud Serang Gelar Pelatihan MBS di Dwiza Restro

Rabu, 08 November 2017 15:00:14 wib - Komentar
Suasana kegiatan MBS bagi kepala sekolah, guru dan komite sekolah di Dwiza Restro hari kedua.(Foto:Iman)

Serang, (Banten88.com): Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang melalui seksi kurikulum dan penilaian menggelar pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 7 sampai 9 November 2017. Pelatihan ini berlangsung di Dwiza restro, curug, kota Serang.

Peserta pelatihan 120 orang terdiri dari  kepala sekolah dasar, guru dan komite sekolah dari dua kecamatan yakni kecamatan Binuang dan kecamatan Gunung Sari. Mereka dipandu oleh Instruktur Nasional, Marjuki, M.Pd, Ponijo, M.Pd dan Pak Bambang. Kegiatan pelatihan pada hari kedua, terlihat para peserta antusias mengikuti arahan dari Pak Marjuki dan diberikan kesempatan untuk presentasi para peserta.

Kasi Kurikulum dan penilaian Disdikbud Kabupaten Serang, H. Amar Ma’ruf, M.Pd mengatakan manajemen berbasis sekolah (MBS) dapat diartikan sebagai model pengelolaan yang memberikan otonomi (kewenangan dan tanggungjawab) lebih besar kepada sekolah, memberikan fleksibilitas/ keluwesan kepada sekolah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga sekolah (guru, siswa, kepala sekolah, karyawan) dan masyarakat (orangtua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha, dan sebagainya.), untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Peserta MBS dari kecamatan Binuang, Joemari, S.Pd dan Wagiran, S.Pd berharap Melalui pelatihan MBS dapat meningkatkan tata kelola sekolah, profesionalisme guru serta peran serta masyarakat khususnya di kecamatan Binuang. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top