Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Seputar Banten

DPC Peradi Serang Gelar RAC di Cibodas

Sabtu, 21 April 2018 16:10:08 wib - Komentar
Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Peradi Serang saat berfoto bersama di acara Rapat Anggota Cabang (RAC) tahunan di Wisata Argo Inkarla, Cibodas-Bogor, (20/4/2018).

Cianjur, (Banten88.com): Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Peradi Serang melakukan Rapat Anggota Cabang (RAC) tahunan. RAC ini merupakan mandat dari AD/ART Peradi yang akan merumuskan langkah dan program cabang dalam periode kepengurusan lima tahun kedepan. RAC ini dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 21 April di Wisata Argo Inkarla, Cibodas-Bogor.

Ketua Panitia RAC, Dadang Handayani menyampaikan, rapat anggota ini untuk menjalankan amanah pasal 52 AD/ART Peradi, dimana salah satu klausulnya menyebutkan bahwa RAC diadakan sedikitnya sekali dalam 1 (satu) tahun. Dalam RAC ini dibicarakan laporan DPC mengenai hal-hal yang telah dikerjakan dan usul-usul dari DPC dan aturan para Anggota PERADI di cabang. “Ini kewajiban yang harus dijalankan, intinya untuk saling merekatkan dan merasa memiliki Peradi yang menjadi rumah kita,” katanya.

Dikatakan Dadang, dalam RAC ini tema yang diambil adalah menguatkan kebersamaan dan merumuskan langkah kebijakan kedepan. Inti dari tema ini adalah dalam menjalankan fungsi dan tugasnya harus tetap  melakukan koordinasi dengan cara untuk saling menguatkan kebersamaan satu profesi sebagai Advokat. “Diantara kita sering sekali ketika membela klien berada di posisi berseberangan dan seolah-olah menjadi musuh, tapi diluar itu dibawah rumah peradi kita bersaudara, nah kebersamaan inilah yang harus kita pupuk,” ujar Dadang usai memberikan sambutannya menegaskan.

Lebih lanjut Dadang menyampaikan, selain tekad menguatkan kebersamaan, yang lebih penting adalah merumuskan langkah strategis berkaitan dengan konsep, ide serta gagasan. Kebijakan strategis yang sudah dilakukan DPN, tentu saja harus didukung oleh DPC sehingga kebijakan di pusat dapat di implementasikan di daerah. “Karena itu untuk membesarkan organisasi kita, disini ruangnya untuk menyampaikan pendapat,” tukasnya.

Rapat Anggota Cabang DPC Peradi Serang sambung Dadang, sedianya diikuti oleh 53 peserta yang sudah terigistrasi di kepanitiaan. Dengan melaksanakan RAC, konsep, ide serta gagasan dari anggota di akhir sidang tentu saja diharapan akan menghasilkan suatu kesimpulan yang strategis untuk disampaikan kepada Ketua DPC Serang, dan kesimpulan itu menjadi suatu keputusan bersama untuk dijalankan sesuai hasil dari RAC.

“Kita berharap dalam RAC ini kita dapat merumuskan program yang akan menjadi kesimpulan dan menjadi kebijakan strategis di daerah,” tandasnya.

Sementara ketua DPC Peradi Serang, Mufti Rahman menyampaikan, atas usulan anggota dia berharap dapat merealisasikan seluruh harapan anggota Peradi untuk dapat menjadi perekat sesama rekan profesi serta mengimplementasikan program strategis dalam kebijakannnya. “Sesuai amanat UU Nomor 18 tahun 2003 perjuangan kita tidak akan pernah pudar untuk memperjuangkan keadilan,” urainya.

Menurut Mufti, dengan dilaksanakannnya RAC, DPC telah menentukan langkah-langkah strategisnya untuk menyusun program dan melaksanakannya, sehingga marwah Peradi sebagai organisasi advokat yang besar dapat berperan serta dalam memberikan sumbanagsih pemikiran terhadap persoalan bangsa. “Peradi ini sebagai rumah kita bersama, dan harus kita jaga dana besarkan bersama,” tukasnya.

Dikatakan Mutfi, RAC yang diselenggarakan tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka menyerap aspirasi anggota dan mengevaluasi kinerja. “Mengacu pada ketentuan dari atas RAC ini sifatnya wajib, karena Ini salah satu bentuk konsolidasi kita,” kata Mufti.

Mufti menyampaikan, Peradi Serang akan melaksanakan program yang telah disusun. Berdasarkan program kerja DPC Peradi Serang masa jabatan 2017-2022 ada banyak agenda yang bakal diselenggarakan oleh berbagai bidang. “Terkait program kerja seperti organisasi dan anggota yang harus melakukan pendataan ulang, verifikasi anggota peradi, mengaktifkan iuran anggota untuk pendanaan organisasi, melakukan koordinasi dengan bidang-bidang lain dalam menjalankan program kerja masing-masing, inilah agenda yang terepnting,” urainya.

Sementara dalam usulan dan masukan anggota, persoalan integritas pengacara menjadi salah satu  pembahasan serius, dipandu oleh tiga wakil ketua Peradi Serang Tb Sukatma, Gusti dan Eko suasana tampak hidup. Hampir semua anggota berebut untuk dapat menyampaikan gagasannya. Salah satu usulan peserta diantaranya menyangkut integritas pengacara. Pendidikan khusus profesi advokat (PKPA) belum mampu meningkatkan kapasitas pengacara yang ada di Serang. Untuk meningkatkan integritasnya, pengacara-pengacara di Serang perlu digembleng kembali agar lebih handal.

 “Jika ukurannya PKPA, belum cukup dan sangat kecil memberikan pemahaman khususnya hukum acara kepada pengacara, maka harus ada pendidikan lanjutan,” ujar Wakil Ketua DPC Peradi Serang Tubagus Sukatma menjawab pertanyaan anggota.

Dikatakan Sukatma, dalam hal peningkatan integritas anggota Peradi Serang harus digembleng lagi pendidikan pada bidang hukum lain, karena itu sangat penting agar pengacara memiliki kehandalan dalam hukum acara. Penambahan pendidikan tersebut diyakini akan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan pengacara yang saat ini masih perlu diperhatikan. “Katakanlah ada peluang bisa dikomersilkan seperti LDD (legal due diligence),  pengisian LHKPN (laporan harta kekayaan penyelengara negara), kerja sama dengan akuntan ketika ada TPPU (tindak pidana pencucian uang, terus merger perusahaan. Di Serang dan Banten belum tergali, kecuali ditingkat pusat, ini yang harus kita imbangi di daerah,” tandasnya.

Selain soal kesejahteraan dan integritas hal lain yang mengemuka dalam RAC Peradi Serang tersebut adalah masih banyak pengacara yang kerap tidak dihormati oleh oknum penegak hukum. “Saya banyak sekali menerima laporan advokat terutama yang muda dan juga termasuk yang senior. Di lapangan banyak sekali kurangnya penghargaan khususnya kepada rekan advokat yang sedang melaksanakan tugasnya,” tukasnya.

Kegiatan RAC tersebut, telah menghasilkan berbagai macam kesimpulan. Kesimpulan tersebut menjadi langkah strategis yanag akan diteruskan kepada Ketua DPC Serang untuk menentukan arah kebijakan ke depan. Kegiatan RAC ditutup dengan pemberian doorprize dengan hadiah utama tiga buah handphone yanaag diundi secara acak. (Azmi)

KOMENTAR DISQUS :

Top