Indonesia English
Selasa, 06 Desember 2022 |
Nasional - Politik

DPRD Banten usulkan Plt Gubernur menjadi Gubernur Definitif

Kamis, 06 Agustus 2015 18:19:37 wib - Komentar
Rano Karno.

Serang,(Banten88.com): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten resmi mengumumkan bahwa mereka mengusulkan kepada Presiden agar mengangkat Plt Gubernur Banten Rano Karno menjadi Gubernur definitif sisa masa jabatan tahun 2012-2017. 

Dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Banten, Kamis (06/08) Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah mengatakan, usul pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno menjadi gubernur akan disampaikan melalui Menteri Dalam Negeri.  

Ia menjelaskan pula bahwa rapat paripurna istimewa tersebut merupakan tindak lanjut dari surat rekomendasi Menteri Dalam Negeri yang dia terima beberapa waktu lalu. 

"Setelah paripurna, surat usulan yang dibarengi pemberhentian Rano Karno menjadi Wakil Gubernur tersebut langsung diserahkan kepada Presiden melalui Kemendagri, sehingga pelantikan bisa cepat dilaksanakan oleh Presiden langsung di Istana Negara setelah Kepresnya keluar," ujar Asep.  

Asep mengatakan, usulan pengangkatan Rano Karno menjadi Gubernur Banten ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini juga dibarengi dengan pemberhentian Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten pasca keluarnya Kepres beberapa hari lalu. 

Rapat paripurna DPRD Banten hanya dihadiri oleh 69 anggota dari total 85 anggota. Meski sempat terjadi interupsi dari beberapa anggota dewan, rapat paripurna usulan tersebut akhirnya disetujui oleh seluruh anggota dewan. 

“Terkait posisi Wakil Gubernur, nanti Komisi I akan konsultasi ke Mahkamah Agung dan Kemendagri,” kata asep. 

Plt Gubernur Banten Rano Karno mengaku siap menjadi Gubernur Banten definitif hingga akhir masa jabatan.  “Saya kan melanjutkan, melanjutkan bagan dari yang sudah ada.  Dalam satu tahun ini memang tantangan, tapi insyaallah dengan bantuan dari kawan-kawan dewan minimal RPJMD 80 persen akan selesai, karena kita tau sendiri satu tahun mungkin agak terlambat, tapi itu bukan satu alasan untuk tidak mengejar, mudah-mudahan terkejar,” kata Plt Gubernur.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top