Indonesia English
Rabu, 20 Maret 2019 |
Pendidikan

DR.RINNY KABAG HUMAS IPDN : PENULISAN CYBER MEDIA HARUS KUASAI TEKNOLOGI DAN SELALU UPDATE

Kamis, 20 Desember 2018 18:18:45 wib - Komentar
DR. RINNY DEWI ANGGRAENI, S.PD, M.PD

BANDUNG (Banten88.com) : INSTITUT Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah lembaga pendidikan tinggi kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negri (Kemendagri). Sekolah ini mempersiapkan kader pemimpin bidang pemerintahan baik di Pusat dan Daerah berjiwa Merah Putih, berwawasan Kebangsaan, cinta NKRI dan cinta Kebhinekaan.

IPDN adalah hasil penggabungan dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP).

Kabag Humas dan Kerjasama IPDN saat ini dijabat seorang Doctor. Ia adalah Dr.Rinny Dewi Anggraeni, S.Pd, M.Pd.   Untuk mengetahui apa pandangannya terhadap kemitraan dengan Pers serta tanggapannya atas perubahan trend media dari cetak ke cyber serta aspek " humanis "  lainnya, media cyber Banten88.com pada Kamis (20/12/2018) mewancarai Doctor Rinny. Berikut petikannya.

Banten88.com : Saat meraih gelar doctor disiplin ilmu apa yang ditekuni ?

Rinny : Ilmu Bahasa dan Administrasi Pendidikan.

Banten88.com : Gelar S.1, S.2 dan S.3 diperoleh dari universitas mana ?.

Rinny : Dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Banten88.com : Mulai kapan bergabung dengan IPDN ?.

Rinny : Sejak 1993.

Banten88.com : Selama di IPDN bertugas di bagian apa saja ?.

Rinny : Staf Humas dan Protokol, dosen IPDN, Kepala Unit Lab. Bahasa dan Komputer (2006 - 2015), Kabag Pelatihan IPDN (2017) dan sekarang Kabag Humas dan Kerjasama IPDN.

Banten88.com : Apa kata suara hati ketika pimpinan menugaskan sebagai Kabag Humas IPDN ?

Rinny : Karena saya cukup lama berkecimpung di bagian humas dan protokol sehingga ketika menjadi Kabag Humas, itu tidak membuat saya terbebani. Karena saya memahami pekerjaan saya.

Banten88.com : Kisahkan suka dukanya sebagai Kabag Humas ?

Rinny : Sampai saat ini banyak sukanya dan tidak ada duka.

Banten88.com : Tanggapan tentang kemitraan dengan Pers ?.

Rinny : Kemitraan dengan pers perlu dijalin karena jalinan kerjasama dan " relation " dengan pihak luar terutama pers, perlu dibina dan dijaga untuk menjaga citra IPDN dalam berkolaborasi melalui " good news " agar citra IPDN tetap baik dimata masyarakat terutama " users " dan " stakeholders ".

Banten88.com : Bagaimana seharusnya wartawan menulis tentang IPDN ?.

Rinny : Wartawan sebaiknya melakukan " chek and rechek " terlebih dahulu sebelum memberitakan yang bersifat " bad news "  agar berita yang disajikan lebih jelas dan benar kecuali berita dalam bentuk press release.

Banten88.com : Trend media mulai bergeser dari cetak ke cyber media. Tanggapannya ?.

Rinny : Dalam Industri 4.0, media cyber perlu melakukan strategi terutama soal informasi dan pemberitaan  agar tetap " uptodate "  dan " upgrade ". Karena kebijakan ini sedang digalakan juga oleh pemerintah pusat.

Penulisan cyber media harus menguasai teknologi dan selalu " update ". Jangan sampai teknologi memperalat manusia.

Banten88.com : Sebutkan negara luar yang pernah dikunjungi ?.

Rinny : Saya pernah keliling Eropa Barat 2 kali, Spanyol, Portugal, Turki, Mesir, Malaysia, Thailand, Korsel, keliling China, Hongkong dan Singapore dalam rangka dinas, shortcorse dan traveling.

Banten88.com : Negara yang paling berkesan ?.

Rinny : Saya paling berkesan mengunjungi Belanda dan Spanyol. Belanda adalah negara dengan administrasi dan managemen pemerintah terbaik. Sedangkan Spanyol selain Madrid dan " icon " sepakbolanya, juga ada Barcelona kota pelajar yang romantis dan indah dengan kemudahak akses transportasinya. Kalau negara terdekat Singapore....amazing country, negara terbaik yang dekat dengan Indonesia.

Banten88.com : Apa filosofi dalam hidup ?.

Rinny : Tebar kebaikan selama kita bisa dan selalu ada alternatif jalan keluar dan solusi pada setiap masalah yang kita hadapi.

Banten88.com : Sebagai manusia biasa apa hobynya ?.

Rinny : Hoby saya bernyanyi.

Banten88.com : Lagu dan penyanyi yang disuka ?

Rinny : Saya menyukai lagu Selamat Jalan Kasih yang dinyanyikan  Rita Effendy, lagunya bagus dan menyentuh. (SS).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top